NASA Jadwalkan Ulang Spacewalk Astronaut Perempuan Pekan Ini

Jakarta, CNN Indonesia -- Badan Luar Angkasa Amerika Serikat (NASA) mengumumkan akan menugaskan dua astronaut perempuan untuk berjalan di ruang angkasa (spacewalk) pekan ini.

Administrator NASA, Jim Bridenstine lewat cuitannya mengumumkan rencana tersebut dijadwalkan akan dilakukan pada Kamis (17/10) atau Jumat (18/10).

Dilaporkan AFP, Christina Koch dan Jessica Meir akan menjadi astronaut perempuan yang dipilih untuk menjelajah sisi luar Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Keduanya diagendakan mengganti unit pengendali daya yang mengalami kegagalan selama akhir pekan.

Jika keduanya berhasil, maka spacewalk kali ini akan menjadi yang pertama dengan seluruh astronaut perempuan terlibat.

"Manajer ISS memutuskan untuk menunda spacewalks yang sebelumnya direncanakan yang telah ditetapkan untuk memasang baterai baru minggu ini dan berikutnya untuk mengganti unit daya yang rusak, yang disebut Battery Charge / Discharge Unit (BCDU)," tulis NASA seperti dikutip dari blog resminya.

ISS berada di ular paparan sinar matahari langsung sehingga membutuhkan baterai sebagai sumber energi.

Misi spacewalk dengan seluruhnya awak perempuan semula dijadwalkan pada Maret lalu. Astronaut Christina Koch dan Anne McClain awalnya akan mengeksekusi rencana tersebut.

Spacewalk kali ini akan menjadi yang keempat bagi Koch dan pertama bagi Meir.

Namun rencana tersebut harus tertunda karena keterbatasan pasokan setelah yang harus dikenakan astronaut ketika spacewalk. Saat itu hanya ada satu setelan baju astronaut yang ukurannya pas untuk dikenakan.

Tertundanya misi tersebut membuat berbagai pihak melemparkan tuduhan seksisme pada NASA. Selama ini seluruh misi NASA didominasi oleh laki-laki. (ndn/evn)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/33A3JJO

October 17, 2019 at 02:37PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "NASA Jadwalkan Ulang Spacewalk Astronaut Perempuan Pekan Ini"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.