Tiga WNI Diduga Terjebak Reruntuhan Jembatan Ambruk di Taiwan

Jakarta, CNN Indonesia -- Tiga warga negara Indonesia (WNI) diduga masih terjebak di antara reruntuhan jembatan yang ambruk di Nanfang'ao, Yilan, Taiwan, pada Selasa (1/10).

Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri RI, Joedha Nugraha, mengatakan bahwa secara keseluruhan ada tujuh WNI menjadi korban dalam insiden tersebut, tapi empat di antaranya sudah diselamatkan.

"Kantor Dagang Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei telah mengirimkan tim ke lokasi kejadian dan mendapat informasi terdapat 4 WNI anak buah kapal (ABK) yang mengalami luka-luka dan terdapat 3 WNI ABK yang hilang, diduga terjebak diantara reruntuhan," kata Joedha melalui keterangan tertulis pada Rabu (2/10).

Joedha menuturkan KDEI terus berkoordinasi dengan pihak berwenang setempat untuk melakukan pencarian terhadap tiga WNI yang hilang. KDEI Taipei juga terus berupaya memberikan bantuan bagi para WNI yang terluka.

Insiden itu terjadi pada Selasa sekitar pukul 09.30 waktu setempat. Saat peristiwa terjadi, ada sebuah truk tangki bahan bakar minyak tengah melintas di atas jembatan itu.

Sesaat sebelum mencapai ujung jembatan, truk itu mendadak mundur dan akhirnya jatuh bersama dengan jembatan yang roboh.

Sejumlah kapal nelayan yang berada di bawah jembatan tertimpa reruntuhan. Menurut juru bicara Dinas Pemadam Kebakaran, Su Hong-wei, truk tangki itu menimpa tiga kapal nelayan.

Rekaman CCTV yang beredar memperlihatkan detik-detik jembatan tunggal setinggi 140 meter itu runtuh dan menimpa setidaknya tiga perahu nelayan yang tengah berlayar di bawahnya.

Truk tanker pun langsung terbakar tak lama setelah jatuh bersama jembatan yang ambruk hingga menyebabkan asap pekat hitam mengepul ke udara.

[Gambas:Video CNN]
Sampai saat ini, pihak berwenang belum mengetahui penyebab jembatan yang dibangun pada 1998 itu runtuh. Namun, sejak akhir pekan lalu Taiwan diterjang angin topan yang menyebabkan hujan lebat dan angin kencang terjadi di sejumlah wilayah di pantai timur Taiwan.

Meski demikian, jembatan tersebut runtuh ketika cuaca sedang cerah. (rds/has)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2nCjjFu

October 02, 2019 at 02:10PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tiga WNI Diduga Terjebak Reruntuhan Jembatan Ambruk di Taiwan"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.