Terpeleset, Pendaki Gunung Piramid Ditemukan Meninggal

Jakarta, CNN Indonesia --

Seorang pendaki terpeleset dan terjatuh di tebing Gunung Piramid, kawasan Pegunungan Argopuro, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Minggu (9/10). Pendaki tersebut kemudian ditemukan dalam kondisi meninggal.

Korban teridentifikasi bernama Multazam alias Arik (18 tahun), pelajar kelas 3 SMA Negeri 1 Tenggarang, Bondowoso.

"Pada Sabtu (8/8) sekitar pukul 16:00 WIB yang bersangkutan bersama empat temannya mendaki ke Gunung Piramid, dan bermalam dengan mendirikan tenda (camp) di belakang Punggung Naga (kawasan Gunung Piramid)," kata Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bondowoso Adi Sunaryadi seperti dikutip dari Antara, Senin (10/8).


Pada Minggu (9/8), lanjut dia, sekitar pukul 06:00 WIB ketiga pendaki (Adi, Bayu, dan Multazam) melakukan pendakian ke puncak Gunung Piramid dan berfoto bersama dua orang temannya. Sementara, dua teman lainnya tidak ikut mendaki ke puncak.

Berdasarkan keterangan dari dua orang saksi yang merupakan teman Multazam, setelah berfoto-foto bersama mereka turun dari puncak gunung dan sekitar pukul 08:00 WIB. Adi menyebut saat itulah korban terpeleset jatuh ke tebing di sisi utara.

"Setelah kedua saksi turun dan meminta pertolongan warga, pada pukul 10.00 WIB, Tim TRC BPBD langsung menuju lokasi kejadian dengan mengajak dua saksi untuk menunjukkan lokasi terjatuhnya Multazam," ujarnya.

Adi mengatakan tim SAR gabungan Basarnas dan Tim Reaksi Cepat BPBD beserta tim lainnya kemudian menemukan korban dalam kondisi meninggal. Pihaknya kemudian melakukan proses evakuasi jenazah korban.

"Iya ditemukan sudah dalam kondisi meninggal dunia. Tim gabungan saat ini masih perjalanan dari lokasi ditemukannya pendaki yang terjatuh saat mendaki," katanya.

Tim SAR gabungan, kata dia, mengevakuasi korban melalui jalur alternatif, karena pertimbangan keselamatan tim jika melewati jalur pendakian ke puncak Gunung Piramid di di kawasan Pegunungan Argopura, Kecamatan Curahdami, Bondowoso, itu.

"Petugas mengevakuasi korban melewati jalur alternatif menyusuri sungai," ujarnya.

Setahun sebelumnya, insiden juga terjadi pada Thoriq Rizki Maulana, yang meninggal saat mendaki Gung Piramin dalam cuaca buruk bersama sejumlah rekannya.

(Antara/arh)

[Gambas:Video CNN]

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/3im6whd

August 10, 2020 at 08:10AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpeleset, Pendaki Gunung Piramid Ditemukan Meninggal"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.