Lokasi Tes UTBK SBMPTN 2019 Menyesuaikan Kuota Peserta

Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Ravik Karsidi meminta kepada para calon peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 untuk memerhatikan kuota tempat tes atau ujian tulis berbasis kompetensi (UTBK) dilangsungkan.

Hal itu diutarakan Ravik mengingat masih ada sejumlah calon peserta yang mengeluh tak bisa mengikuti tes di tempat yang diinginkannya. Padahal, sambungnya, itu bisa dilihat calon peserta kala melakukan pendaftaran UTBK SBMPTN 2019.

"Misal calon mahasiswa yang ingin masuk ke UI daftar berkali-kali ujian di UI, padahal kuotanya sudah penuh. Padahal di sekitar Jakarta itu kan ada universitas lain [tempat tes], UNJ misalnya," ujar Ravik saat dihubungi CNNIndonesia.com, Senin (4/3).

Menurut Ravik, para calon peserta bersikukuh ingin melakukan ujian di tempat tertentu karena dinilainya berpengaruh pada hasil ujian sehingga bisa masuk ke kampus yang diinginkannya. Namun, Ravik menegaskan itu tak benar. Oleh karena itu, Ravik pun mengimbau kepada para calon peserta UTBK SBMPTN untuk memerhatikan kuota di lokasi ujian terdekat lainnya.

"Jika kuota penuh, perhatikan lokasi lain yang dibuka. Tempat yang dipilih di mana, pindah ke yang lain," ujar Ravik.


Kuota tersebut, kata Ravik, bisa dilihat pada laman pendaftaran UTBK SBMPTN 2019.

Proses UTBK SBMPTN 2019 dibuka dalam dua gelombang. Gelombang pertama dibuka 1 Maret 2019 pukul 10.00 WIB-24 Maret 2019 pukul 23.59 WIB. Namun, pada hari pendaftaran terjadi kendala teknis yang membuat laman khusus LTMPT sulit diakses.

Atas persoalan tersebut, pada Jumat lalu , LTMPT mengumumkan kendala akses itu terjadi karena ada migrasi data. Dan, proses pendaftaran pun dihentikan sementara, lalu dibuka kembali Senin (4/3) mulai pukul 08.00 WIB.

Ravik yang juga dikenal sebagai Rektor Universitas Sebelas Maret tersebut memastikan semua masalah sudah teratasi dan sitem pendaftaran sudah berjalan lancar.

Meskipun hari ini sudah dibuka kembali pada pukul 8.00 WIB, masih terdapat pendaftar yang mengaku kesulitan mengakses situs untuk pendaftaran.

"Saya belum bisa daftar sama sekali. Teman-teman saya juga masih nungguin verifikasi masuk ke emailnya," ujar salah seorang siswa SMA Negeri 22 Bandung, Salwa, yang tengah menunggu proses pendaftaran UTBK SBMPTN 2019 nya sukses.

(nvt/kid)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2GZ8ci2

March 04, 2019 at 08:31PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Lokasi Tes UTBK SBMPTN 2019 Menyesuaikan Kuota Peserta"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.