Mesir Izinkan Ratusan Warga Palestina Lewat untuk Umroh

Jakarta, CNN Indonesia -- Mesir mengizinkan sekitar 800 jemaah umroh Palestina dari Jalur Gaza masuk ke negaranya untuk melanjutkan perjalan ke Mekkah, Arab Saudi.

Para jemaah umroh itu dilaporkan pergi meninggalkan Gaza pada Minggu (3/3) dini hari menuju perbatasan Mesir melalui Rafah. Otoritas Mesir lalu membawa mereka menggunakan bus ke Bandara Kairo.

Seorang pejabat Palestina di Gaza mengatakan bahwa dari Kairo, mereka akan terbang menuju Mekkah.

Dikutip AFP, otoritas keamanan Palestina di Rafah mengatakan sebanyak 15 orang dari ratusan rombongan itu tidak diizinkan pergi. Namun, dia tak menjelaskan alasannya.

Sejumlah sumber keamanan Mesir di perbatasan mengatakan bahwa pemberian izin visa ini merupakan yang pertama dilakukan sejak operasi militer di utara Sinai pada 2014 lalu.

Tak seperti ibadah haji, kegiatan umroh bisa dilakukan setiap Muslim kapan saja. Sekitar 2.500 warga Palestina mendapat izin untuk meninggalkan Gaza melalui Mesir untuk pergi haji setiap tahunnya.

Sementara itu, Jalur Gaza, salah satu wilayah Palestina yang secara de facto dikuasai oleh Hamas, masih diblokade Israel. Tel Aviv menganggap Hamas, salah satu faksi besar Palestina, sebagai kelompok teroris.

Kedua belah pihak telah terlibat perang di Gaza sebanyak tiga kali sejak 2008 lalu.

[Gambas:Video CNN]

Di sisi lain, Rafah merupakan daerah satu-satunya di Gaza yang tidak dikendalikan Israel. Wilayah itu menjadi satu-satunya jalan keluar bagi warga Palestina di Gaza.

Sebagian besar wilayah Rafah ditutup dalam beberapa tahun terakhir, tapi telah dibuka kembali sejak 10 bulan lalu.

Menurut sebuah organisasi non-profit pemantau blokade di Gaza, Gisha, jalur Rafah juga digunakan sedikitnya 300 pelancong  setiap hari untuk keluar masuk Gaza dari Mesir. (rds/has)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2NJs5dC

March 04, 2019 at 08:32PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mesir Izinkan Ratusan Warga Palestina Lewat untuk Umroh"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.