Van Gaal Nilai Solskjaer Mirip Mourinho Ketimbang Sir Alex

Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan manajer Manchester United Louis Van Gaal menilai gaya bermain yang diterapkan Ole Gunnar Solskjaer lebih mirip seperti gaya Jose Mourinho ketimbang Sir Alex Ferguson.

Solskjaer menuai hasil positif sebagi pengganti Mourinho. Di bawah arahan juru latih asal Norwegia itu, Man United meraih hasil yang cukup apik.

Dalam delapan laga awal bersama Solskjaer, The Red Devils selalu meraih kemenangan beruntun. Bahkan bersama mantan pemain berjuluk Baby Face Assasin itu, Man United pun tak terkalahkan dalam 12 Liga Inggris hingga akhirnya kalah dari Arsenal pada 10 Maret lalu.

Pemain yang pernah mengantar Man United menjadi juara Liga Champions pada 1999 itu mendapat sanjungan dari banyak pihak. Namun menurut Van Gaal, Solskjaer tidak berbeda dengan Mourinho yang memilih menumpuk pemain di belakang.

Van Gaal Nilai Solskjaer Mirip Mourinho Ketimbang Sir AlexLouis Van Gaal menangani Manchester United sejak 2014 hingga 2016. (Lee Smith)

"Pelatih setelah saya [Mourinho] mengubah taktik menjadi parkir bus dan memainkan serangan balik. Sekarang di sana ada lagi pelatih yang memarkir bus dan memainkan serangan balik. Perbedaan utama antaraMourinho danSolskjaer adalahSolskjaer meraih kemenangan," ujar VanGaal dikutip dari ESPN.
Van Gaal Nilai Solskjaer Mirip Mourinho Ketimbang Sir Alex
Pelatih yang pernah menangani Ajax, Barcelona, dan Bayern Munchen itu juga tidak menganggap taktik Solskjaer seperti Sir Alex yang merupakan salah satu manajer legenda di Man United .

"Cara Manchester United bermain sekarang bukan cara yang digunakan Ferguson. Ini adalah permainan bertahan, serangan balik. Jika Anda suka, maka Anda akan menyukainya. Jika Anda pikir itu lebih menarik dibanding permainan menyerang saya yang membosankan, tidak apa-apa. Tapi saya tidak menyukainya," kata Van Gaal.

"Penting bagi Manchester United lolos ke Liga Champions, seperti ketika saya menjadi manajer. Tapi mereka menang di Liga Champions karena mereka memainkan sistem bertahan dan itu sulit dikalahkan, suka atau tidak suka itulah hasil dari kerja Mourinho," sambungnya.

Van Gaal pun mengatakan semua pelatih memiliki filosofi dalam meramu tim, termasuk dirinya yang menganut filosofi menyerang dalam setiap menangani tim mana pun.

(nva/jal)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2Tzjbk0

March 28, 2019 at 08:30AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Van Gaal Nilai Solskjaer Mirip Mourinho Ketimbang Sir Alex"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.