Aset Rp122 Triliun, Bos Arsenal Tokoh Olahraga Terkaya Dunia

Jakarta, CNN Indonesia -- Pemilik klub Arsenal, Stanley Kroenke, tercatat sebagai tokoh olahraga terkaya di dunia.

Forbes melansir edisi terbaru daftar para konglomerat dunia, termasuk bos klub Liga Primer Inggris tersebut. Kroenke memiliki total kekayaan US$8,7 miliar atau setara Rp122 triliun. Kekayaaannya tidak berubah seperti tahun lalu.

Kroenke diketahui bukan hanya memiliki Arsenal sebagai salah satu asetnya di bisnis olahraga. Sejumlah klub olahraga yang dalam genggamannya antara lain klub basket Amerika Serikat (NBA) Denver Nuggets, klub Liga Hoki Amerika Serikat Colorado Avalanche, dan klub Liga Amerika Serikat (MLS), Colorado Rapids.

Bukan hanya itu, Kroenke juga tercatat sebagai pemilik klub sepak bola Amerika Serikat (NFL) LA Rams yang pernah tembus hingga Super Bowl, atau fase puncak kompetisi itu pada 2019.

Arsenal musim ini masih berada di peringkat kelima klasemen Liga Primer Inggris. (Arsenal musim ini masih berada di peringkat kelima klasemen Liga Primer Inggris. (Foto: Reuters/Andrew Couldridge)
Di Arsenal, Kroenke menjadi pemilik tunggal saham klub tersebut sejak Agustus 2018. Ia membeli kepemilikan saham minor atas nama Alisher Usmanov. The Gunners ditaksir memiliki nilai sebesar US$2,3 miliar (Rp32 triliun). Kroenke merupakan segelintir pengusaha yang dinilai berhasil menggeluti bisnis olahraga dengan keuntungan besar. Bisnis lainnya adalah di dunia properti.

Kedua setelah Kroenke ada nama konglomerat Negeri Paman Sam lainnya, Jerry Jones, yang memiliki aset hingga US$6,8 miliar (Rp96 triliun). Ia merupakan salah satu raja minyak di Amerika Serikat.

Di posisi ketiga ditempati Robert Kraft, pemilik klub NFL New England Patriots yang sudah lima kali memenangkan gelar juara di Super Bowl. Kali pertama membeli klub itu dengan harga US$172 juta (Rp2,4 triliun) pada 1994, nilai jual New England saat ini ditaksir mencapai US$3,7 miliar (Rp52,2 triliun). Kraft juga memiliki klub MLS New England Revolution.

Tokoh olahraga lainnya yang memiliki aset besar di dunia adalah bos Formula One Bernard Ecclestone dan keluarga, CEO World Wrestling Entertainment (WWE) Vincent McMahon, bahkan mantan pebasket NBA Michael Jordan juga termasuk di dalamnya.

Jordan tercatat memiliki kekayaan mencapai US$1,8 miliar (Rp25 triliun). Ia merupakan pemilik saham mayoritas klub NBA Charlotte Hornets.

Jordan membeli saham mayoritas Hornets senilai US$175 juta (Rp2,4 triliun) pada 2010. Kini nilai jual klub tersebut mencapai US$1,05 miliar (Rp14,8 triliun). (bac/sry)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2tVoCza

March 07, 2019 at 02:08AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Aset Rp122 Triliun, Bos Arsenal Tokoh Olahraga Terkaya Dunia"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.