Yasonna Ogah Tanggapi Tuduhan Amien Rais soal Ahmad Dhani

Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly enggan menanggapi tudingan Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais soal penahanan terpidana ujaran kebencian Ahmad Dhani Prasetyo di Rumah Tahanan Klas I, Cipinang, Jakarta Timur.

Amien sebelumnya mengungkapkan ada campur tangan politik dari Menkumham Yasonna di balik penahanan Ahmad Dhani.

"Ah sudahlah, enggak usah ditanggapin," ujar Yasonna di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Jumat (1/2).


Amien sebelumnya sempat mengancam Yasonna yang dinilainya melakukan intervensi politik terhadap penahanan pentolan band Dewa 19 tersebut.

"Hati-hati Anda! Jangan sampai melakukan intervensi politik. Kita buat perhitungan nanti. Sekian saja," kata Amien usai mengunjungi Dhani, Kamis (31/1).

Selain menuding Yasonna melakukan intervensi politik, Amien juga meminta Dhani untuk mencatat sejumlah kejanggalan yang menurutnya terjadi di dalam Rutan.

Amien Rais tuding ada peran Menkuhman Yasonna di balik penahanan Ahmad Dhani. (CNN Indonesia/Safir Makki)

Di tempat yang sama, Kepala Bagian Humas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Ade Kusmanto menyampaikan pihaknya terbuka dengan segala aduan. Menurutnya apabila ada penyimpangan dalam bidang pelayanan, masyarakat bisa menyampaikan dan laporan tersebut bisa ditindak.

"Kami tidak alergi kritik. Tidak alergi untuk berkembang, transparan," imbuhnya.


Dhani divonis 18 bulan penjara karena kasus ujaran kebencian oleh PN Jaksel. Dia dinilai terbukti melanggar Pasal 45A ayat (2) juncto Pasal 28 ayat 2 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP).

Dhani langsung ditahan usai mendapat vonis satu tahun enam bulan penjara dan dijebloskan ke rumah tahanan Cipinang, Jakarta.

Kasus 'ujaran idiot' bermula saat Dhani dilaporkan dengan delik pencemaran nama baik setelah membuat vlog yang di dalamnya ada ucapan 'idiot' yang ditujukan kepada massa pedemo gerakan #2019GantiPresiden, di Surabaya, ke Polda Jatim, pada 26 Agustus 2018.

Vlog itu dibuat setelah Dhani dan kelompoknya tertahan akibat penolakan kelompok massa yang anti #2019GantiPresiden.

(ani/DAL)

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2t1Qnpz

February 01, 2019 at 07:23PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Yasonna Ogah Tanggapi Tuduhan Amien Rais soal Ahmad Dhani"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.