Kiat Shireen Sungkar Cegah DBD Dekati Buah Hati

Jakarta, CNN Indonesia -- Situasi demam berdarah (DBD) yang mengancam banyak wilayah di Indonesia semakin mengkhawatirkan, termasuk bagi selebriti Shireen Sungkar.

Ibu tiga anak ini mengaku pernah terkena penyakit DBD beberapa tahun lalu. DBD membuat pemeran sinetron Cinta Fitri ini mesti terkapar di rumah sakit hingga 10 hari.

Data Kementerian Kesehatan mencatat, pada awal 2019, penderita demam berdarah mencapai 16 ribu orang dengan 169 di antaranya meninggal dunia. Hampir 90 persen kasus DBD ini terjadi pada anak-anak usia di bawah 15 tahun.

Shireen pun tak ingin penyakit yang mengancam jiwa ini menyerang anak-anaknya. Dia sudah menyiapkan beragam langkah bagi anak-anak dan keluarganya untuk mencegah DBD.

"Sebagai seorang ibu mendengar DBD ini pasti seram dan takut ya. Apalagi di musim pancaroba ini. Di komplek aku sudah ada beberapa orang yang DBD," kata Shireen kepada media dalam gelaran acara My Baby Minyak Telon, Jakarta, Selasa (19/2).

Agar DBD tak menyerang anak-anaknya, Shireen menerapkan langkah pencegahan mulai dari menjaga kebersihan, menerapkan 3M, dan perlindungan pada tubuh anak.

Di musim hujan ini, Shireen menjaga kebersihan lebih ekstra lantaran banyak air yang tergenang menjadi tempat nyamuk Aedes aegypti bertelur. Dia juga mengikuti arahan dari Rukun Tetangga (RT) untuk memeriksa jentik nyamuk di setiap genangan air.

"Dari RT sudah minta untuk dibersihkan dan ketemu jentik nyamuk di tempat yang enggak kepikiran. Seperti mainan anak, kan, mereka sering main masak-masak dan penampungan air di dispenser," tutur istri Teuku Wisnu ini.

Shireen juga ikut melakukan gerakan 3M yakni menguras tempat penampungan air, menutup tempat penampungan air, dan mendaur ulang barang bekas yang berpotensi menjadi tempat berkembangbiak nyamuk penular DBD.

"Harus ekstra, 3M dilakukan, walaupun malas tapi harus," ujar Shireen.

Pencegahan terakhir yang dilakukan Shireen adalah memberikan perlindungan pada anaknya dengan mengoleskan minyak telon yang dapat melindungi dari gigitan nyamuk.

"Anak-anak, kan, enggak aku batasin kegiatannya di luar atau di dalam rumah, mereka aktif banget eksplorasi. Jadinya, aku setiap habis mandi kasih minyak telon," ucap Shireen. (ptj/asr)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2UjEaZ8

March 04, 2019 at 04:45AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kiat Shireen Sungkar Cegah DBD Dekati Buah Hati"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.