PBB Ungkap 84 Orang Meninggal Saat 'Lari' dari Islamic States

Jakarta, CNN Indonesia -- Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) melaporkan setidaknya 84 orang meninggal dunia dalam perjalanan mereka ke Kamp Al Hol di bagian Timur Laut Suriah, setelah melarikan diri dari Islamic States (IS) di Kawasan Deir Al Zor. Sekitar 70 persen korban meninggal tersebut adalah anak-anak.

Seperti dikutip dari Reuters, Jens Laerke, juru bicara Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA) mengungkapkan pihaknya mencemaskan nasib ribuan warga sipil yang melarikan diri dari kawasan-kawasan yang dikuasai IS di Baghouz. Provinsi Deir al-Zor, setelah pertempuran sengit berlangsung.

Kamp al-Hol di Provinsi Hasaka, tepatnya timur laut Suriah, menampung sedikitnya 45 ribu orang, termasuk 13 ribu orang yang meninggalkan Deir al-Zor pekan lalu.

"Banyak di antara mereka tiba dalam keadaan kelelahan, lapar dan sakit. Sembilan dari 10 orang itu adalah wanita dan anak-anak," ujarnya.


Menurut Jens, warga telah menempuh perjalanan yang jauh, sangat melelahkan ke kamp ini. Berdasarkan laporan PBB, sejauh ini lebih 84 orang meninggal dalam perjalanan di sepanjang wilayah itu. Dua pertiga di antara mereka yang telah meninggal ialah anak-anak di bawah usia lima tahun.

Mengutip laporan-laporan dari badan-badan PBB dan kelompok-kelompok di lapangan, sebanyak 175 anak-anak dibawa ke rumah sakit karena menderita kurang gizi yang parah.

Seperti diketahui, Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang didukung Amerika Serikat (AS) telah melakukan aksi selama beberapa pekan untuk menguasai kantung terakhir IS Daesh di desa Baghouz dekat perbatasan Irak yang telah terkepung. Namun operasi itu terhenti sementara karena ada upaya mengevakuasi ribuan warga sipil.

(Reuters/lav)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2Epx6DH

March 03, 2019 at 11:56AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "PBB Ungkap 84 Orang Meninggal Saat 'Lari' dari Islamic States"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.