Polisi Klaim Tembagapura Bebas KKB, Pemilu Bakal Lancar

Jakarta, CNN Indonesia -- Kapolres Mimika, Papua, AKBP Agung Marlianto mengklaim wilayah Distrik Tembagapura, Papua, untuk sementara sudah steril dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Penyelenggaraan Pemilu 2019 di wilayah itupun diprediksi akan lancar.

Kelompok ini sebelumnya sempat menduduki sejumlah kampung di Distrik Tembagapura, seperti Banti, Kimbeli, Opitawak, dan Aroanop.

Berdasarkan laporan dari pihak Pemerintah Distrik Tembagapura dan perangkat kampung, kata Agung, para anggota KKB sudah meninggalkan Tembagapura.

"Untuk sementara ini KKB steril di Distrik Tembagapura. Berdasarkan laporan yang kami terima, mulai dari Aroanop, Banti, bahkan sampai di kepala air [kampung] Tsinga, kami memastikan KKB sudah tidak ada. Mereka sudah keluar dari wilayah itu dan bisa saja mereka berkumpul di beberapa tempat lain yang sedang terjadi konflik," jelas Agung, dikutip dari Antara, Senin (4/3).

Ia pun optimistis Pemilu 2019 pada 17 April di Mimika, termasuk di wilayah Distrik Tembagapura, bisa berjalan kondusif. Warga yang terdaftar sebagai pemilih, lanjutnya, diharapkan dapat menggunakan hak pilih tanpa rasa takut dan terancam akibat keberadaan KKB.

Pengiriman logistik Pilkada dari Timika ke Aroanop dan kampung-kampung di sekitarnya saat itu pun dikawal ketat oleh aparat kepolisian.

"Kami bercermin dari penyelenggaraan Pilkada Mimika 2018. Saat itu di beberapa tempat seperti di Aroanop dan beberapa kampung di Distrik Tembagapura masih diduduki KKB," ujarnya.

Berkaca dari penyelenggaraan Pilkada Mimika 2018, Agung menyebut proses pesta demokrasi bisa berjalan dengan lancar.

Untuk penyelenggaraan Pemilu 2019 kali ini, Agung menyebut jumlah TPS di wilayah Distrik Tembagapura diperkirakan akan bertambah, mengingat pemilih yang menggunakan hak pilih di setiap TPS kini dibatasi maksimal 400 orang.

"Kami belum menerima laporan dari KPU, tapi diperkirakan jumlah TPS nantinya akan bertambah," kata dia.

Diketahui, KKB kerap menebar teror penembakan terhadap warga dan aparat di sejumlah wilayah di Papua. Misalnya, pembunuhan terhadap puluhan pekerja proyek jembatan yang merupakan bagian dari jalan Trans Papua, di Kabupaten Nduga, Papua, akhir 2018.

[Gambas:Video CNN] (arh)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2NEKXdu

March 04, 2019 at 04:17PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Polisi Klaim Tembagapura Bebas KKB, Pemilu Bakal Lancar"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.