Kim Jong-un Rapat Jelang Denuklirisasi Sampai Trump Frustasi

Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah peristiwa terjadi di berbagai belahan dunia pada Minggu (29/12) kemarin. Mulai dari Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un, menggelar rapat jelang tenggat dialog denuklirisasi dengan Amerika Serikat sampai Presiden Donald Trump frustasi. CNNIndonesia.com merangkum sejumlah kejadian tersebut dalam kilas internasional.

1. Kim Jong-un Gelar Rapat Partai Jelang Tenggat Denuklirisasi

Pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong Un mengadakan pertemuan dengan para petinggi partai yang berkuasa pada Sabtu (28/12) jelang tenggat perundingan denuklirisasi dengan Amerika Serikat pada akhir 2019.

Rapat pleno tersebut diadakan untuk membahas kebijakan penting terkait kesiapan uji rudal balistik antarbenua - sebagai 'kado Natal' untuk Washington.

[Gambas:Video CNN]

Kantor berita Korea Utara (KCNA) melaporkan Kim memimpin rapat pleno untuk membahas 'pendirian independen yang transparan dan anti-imperialis'. Tak hanya itu, Partai Buruh Korea (WPK) yang berkuasa juga akan 'membahas hal-hal penting yang timbul.. dalam membangun pertahanan negara dan nasional'.

"Penentuan sikap dari perjuangan Partai Buruh Korea, isu-isu kebijakan penting diangkat sebagai agenda rapat pleno," tulis KCNA seperti dilansir AFP, Minggu (29/12).

2. 79 Orang Tewas Akibat Bom Mobil di Somalia

Sebuah bom mobil meledak di pos pemeriksaan keamanan di ibu kota Somalia, Mogadishu, Sabtu (28/12) pagi. Dalam insiden itu, setidaknya 79 orang telah dinyatakan tewas. Sementara itu, 125 orang lainnya dinyatakan terluka.

"Masih ada operasi penyelamatan yang berlangsung untuk membantu mereka yang telah dibantai oleh para teroris saat menjalankan bisnis mereka," kata Menteri Informasi Somalia Mohamed Abdi Heyr seperti dikutip dari AFP, Minggu (29/12).

[Gambas:Video CNN]

Mohamed menjelaskan ada 24 dokter yang berspesialisasi dalam pemulihan trauma telah tiba di Somalia. Bantuan serupa diklaim juga akan dikirimkan oleh pemerintahan Qatar pada Senin mendatang.

Kendaraan itu meledak setelah polisi yang berjaga di pos pemeriksaan memblokir laju truk tersebut sehingga tidak masuk ke kota.

Setidaknya 16 orang dari antara korban tewas adalah mahasiswa dari Universitas Banadir yang sedang berpergian dengan bus ketika mobil tersebut meledak di persimpangan kota, tepatnya di Barat Daya ibu kota Somalia.

Hingga kini, belum ada pihak yang menyatakan bertanggung jawab atas insiden yang terjadi itu. Namun, Presiden Somalia Mohamed Abdullahi Farmaajo menyalahkan kelompok teroris Al-Shabaab menjadi dalang dalam ledakan itu.

3. Penikaman di Rumah Rabi Yahudi New York, 5 Orang Luka Serius

Penikaman terjadi di rumah seorang Rabi Yahudi di New York, Amerika Serikat, Sabtu (28/12) malam. Lima orang terluka serius akibat serangan yang dilakukan oleh satu orang tersebut.

Seperti dilansir AFP, Minggu (29/12), penikaman tersebut terjadi selama perayaan Yahudi Hanukkah. Setelah insiden terjadi, para korban langsung dibawa ke rumah sakit di sekitar wilayah Monsey, yang berada di pinggiran kota New York.

"Lima pasien dengan luka tusuk," ujar Dewan Urusan Publik Yahudi Ortodoks (OJPAC) melalui akun twitternya seperti dikutip dari AFP.

Hingga kini, departemen kepolisian setempat belum memberikan informasi mengenai jumlah korban yang terluka dalam kejadian itu. Namun, juru bicara New York City Police Department (NYPD) menjelaskan bahwa tersangka penikaman sudah ditahan kepolisian.

4. Liburan di Florida, Trump Frustasi Jelang Sidang Pemakzulan

Presiden Amerika Serikat Donald Trump menunjukkan tanda-tanda semakin frustrasi dengan ketidakpastian seputar persidangan pemakzulan oleh Senat ketika dia menghabiskan waktu liburan di Florida.

Dilansir dari CNN, Minggu (29/12), rasa frustrasi Trump semakin nyata ketika pemimpin mayoritas Senat, Mitch McConnell terus memberi sinyal tentang persidangan yang akan segera dimulai.

[Gambas:Video CNN]

Sebuah sumber yang dekat dengan Trump mengatakan Politikus dari Partai Republik itu selama liburan telah mencari masukan dari berbagai sekutunya tentang siapa yang harus berada di tim pembelanya dan seperti apa strategi pembelaannya pada saat sidang nanti. Ada diskusi serius di dalamnya, namun Trump belum membuat keputusan terakhir. (ayp/ayp)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/368qgz9

December 30, 2019 at 02:13PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kim Jong-un Rapat Jelang Denuklirisasi Sampai Trump Frustasi"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.