Sejumlah Staf Kampanye Trump Positif Virus Corona

Jakarta, CNN Indonesia --

Enam staf yang bertugas pada kampanye Presiden Amerika Serikat Donald Trump di Tulsa, Oklahoma, dinyatakan positif terinfeksi virus corona.

Direktur komunikasi kampanye Trump Tim Murtaugh mengatakan tes dilakukan sebelum kampanye digelar. Sehingga, kata dia, dipastikan tidak ada staf yang terpapar Covid-19 hadir dalam kampanye pada Sabtu (20/6) malam.

"Sesuai protokol keselamatan, staf kampanye tes Covid-19 sebelum acara. Enam anggota tim positif dari ratusan tes yang dilakukan, dan prosedur karantina langsung dilaksanakan," kata Murtaugh seperti dikutip dari CNN, Senin (22/6).


Trump tetap menggelar kampanye di saat AS masih terpapar parah virus corona. Di Oklahoma sendiri tingkat infeksi dilaporkan masih tinggi.

Pada Sabtu sore, Tulsa melaporkan memiliki 2.206 kasus virus corona. Departemen Kesehatan Negara Bagian Oklahoma mengonfirmasi peningkatan kasus harian Covid-19 terbesar sejak awal pandemi.

Insert Artikel - Waspada Virus CoronaFoto: CNN Indonesia/Fajrian

Trump diberitahu enam staf kampanye positif virus corona sebelum dia meninggalkan Gedung Putih untuk berkampanye di Tulsa.

Kampanye di Tulsa tersebut berlangsung sepi. Dari Target 100 ribu orang, massa yang datang tak lebih dari 19 ribu orang.

Pembantu kampanye senior Trump, Mercedes Schlapp mengatakan kepada Fox News Sunday, para peserta tidak dapat masuk ke BOK Center, tempat kampanye berlangsung. Dia menyalahkan pengunjuk rasa yang membuat peserta khawatir untuk datang.

Awalnya kampanye itu memang digelar Jumat malam, namun Trump menunda karena hari itu bertepatan dengan peringatan pembebasan perbudakan di AS yang jatuh pada 19 Juni.

Juneteenth atau juga dikenal sebagai Hari Pembebasan, adalah peringatan yang merujuk pada peristiwa 19 Juni 1865, ketika pasukan Union yang dipimpin Gordon Granger membaca perintah federal di Galveston, Texas. Perintah itu berisikan tentang pembebasan warga budak menjadi individu merdeka di Texas di masa perang sipil.

AS sendiri selama hampir sebulan terakhir diguncang aksi antirasialisme setelah puncak gunung es yang pecah atas kematian warga kulit hitam George Floyd.

(dea)

[Gambas:Video CNN]

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/3engrBj

June 22, 2020 at 07:11AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sejumlah Staf Kampanye Trump Positif Virus Corona"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.