Saeed Lootah, Pendiri Bank Syariah Dunia Meninggal

Jakarta, CNN Indonesia --

Saeed Lootah, pendiri bank syariah pertama di dunia sekaligus pengusaha asal Dubai, tutup usia. Lootah meninggal dunia di usia 97 tahun.

Kepergian Lootah terkonfirmasi dari ucapan belasungkawa yang mengalir dari Wakil Presiden dan Perdana Menteri UEA Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum.

"Lootah dikenal berperan penting dalam mendirikan Dubai Islamic Bank pada 1975, sebagai alternatif bank konvensional yang sesuai dengan prinsip syariah," tulis Khaleejtimes.com, dikutip Rabu (1/7).


Tidak cuma industri keuangan, Lootah juga dikenal mendirikan beberapa perusahaan dan organisasi masyarakat, termasuk sekolah pendidikan islam pada 1983 dan sekolah medis khusus anak perempuan pada 1986.

Pada 1992, Lootah kembali mendirikan sekolah tinggi farmakologi pertama di Dubai. Kemudian, ia meluncurkan pusat penelitian lingkungan dan laboratorium tanaman obat dan obat-obatan.

"Dia adalah seorang pedagang yang memulai usahanya dari nol. Sentuhannya terlihat dalam beberapa aspek ekonomi Dubai," puji Sheikh Mohammed ketika mengenang almarhum.

Ia juga menyebut Lootah sebagai orang bijak dan pintar. "Semoga Allah memberkati jiwanya dan memberikan keluarganya kekuatan untuk bertahan, dan bertahan," tutur Sheikh Mohammed.

Sheikh Hamdan bin Mohammed bin Rashid Al Maktoum, putra mahkota Dubai, turut memberikan penghormatan terakhir. "Dia (Lootah) menggabungkan kepemimpinan ekonomi dengan pekerjaan amal," kenangnya.

[Gambas:Video CNN]

(bir)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/38klrVd

July 01, 2020 at 07:07AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Saeed Lootah, Pendiri Bank Syariah Dunia Meninggal"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.