Ma'ruf Minta Penangkapan Romi Tak Dikaitkan Pilpres

Jakarta, CNN Indonesia -- Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta publik tidak mengaitkan operasi tangkap tangan KPK terhadap Ketum PPP Muhammad Romahurmuziy alias Romi dengan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Menurutnya, OTT terhadap Romi merupakan persoalan pribadi.

"Jangan sampai ini dikait-kait, itu soal pribadi tidak ada hubungan dengan Pilpres," ujar Ma'ruf di kediamannya, Jakarta, Jumat (15/3).

Meski soal pribadi, Ma'ruf meminta semua pihak untuk mengedepankan asas praduga tidak bersalah yang merupakan prinsip dasar dalam dunia hukum.

Lebih lanjut, Ma'ruf menyampaikan penangkapan Romi membuktikan Jokowi yang juga calon petahana tidak mengintervensi hukum. Ia menyebut Jokowi mendukung upaya penegakan hukum.

"Kalau penegakan hukum kan sudah jelas, perintah Pak Jokowi kan mendukung upaya penegakan hukum dan tidak mau mengintervensi," ujarnya.

Ketika disinggung soal dampak kepercayaan publik terhadap pasangan Jokowi-Ma'ruf usai Romi ditangkap, ia kembali meminta kasus Romi tidak dikaitkan dengan Pilpres.

"Masyarakat harus bisa membedakan antara personal kemudian dan pilpres. Jangan pilpres dikait-kaitkan dengan pribadi," ujar Ma'ruf.


Romi ditangkap petugas KPK di Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (15/3) pukul 09.00 WIB. KPK menemukan sejumlah uang pecahan rupiah dalam operasi penangkapan itu. Ada lima orang yang diamankan petugas.

KPK belum memberikan keterangan secara rinci tentang kronologi penangkapan. KPK rencananya akan memberikan keterangan resmi kepada wartawan.
[Gambas:Video CNN] (jps)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2HmVOss

March 15, 2019 at 11:50PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ma'ruf Minta Penangkapan Romi Tak Dikaitkan Pilpres"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.