Prabowo: Indonesia Pendarahan, Hidup dari Transfusi Utang

Jakarta, CNN Indonesia -- Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menyamakan kondisi Indonesia dengan tubuh manusia yang tengah mengalami pendarahan kritis. 

Pendarahan ini menurut dia terjadi salah satunya karena rekayasa faktur penjualan yang berujung pada kebocoran anggaran negara. Rekayasa ini biasanya berupa faktur yang dilaporkan lebih rendah dibandingkan faktur penjualan aslinya atau disebut under invoicing

"Itu yang saya sebut kebocoran. Itu yang saya sebut bleeding. Indonesia sedang bleeding, Indonesia sedang berdarah," kata Prabowo, di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Minggu (3/3).


Hal ini pun kata Prabowo telah lama dibiarkan hingga menyentuh ke dalam masa pendarahan yang paling kritis. Bahkan dalam kesempatan itu, Prabowo mencontohkan sejumlah under invoicing di bidang sumber daya alam seperti kelapa sawit, cokelat, batu bara, hingga tambang.

Misalnya kata dia, ekspor tambang batu bara, laporan penjualannya hanya 15 juta ton per tahun. Kenyataannya ekspor batu bara justru mencapai angka 30 juta ton per tahun. Berarti ada 15 juta ton yang harga ekspornya dihilangkan dari data tersebut dan berarti telah menjadi kerugian negara. 

"Yang dilaporkan hanya 15 juta padahal dia tambang 30 juta. Itu kan 150 juta dolar tiap tahun Indonesia hilang uang. Itu yang saya sebut kebocoran. Itu yang saya sebut bleeding," katanya. 


Tak hanya masyarakat biasa, kejadian ini pun kata Prabowo tak dipedulikan oleh para elite negara. Bahkan menurut dia para elite justru tidak merasakan fenomena kebocoran ini. Terlebih, di tengah keadaan ekonomi yang sedang terpuruk ini, Indonesia hanya melakukan utang untuk menambal fenomena tersebut.

"Jadi kita hidup itu dari transfusi darah. Kita hidup dengan utang. Tidak dengan produksi kita sendiri. Tidak dengan keuntungan kita sendiri. Tidak dengan tangan kita sendiri," kata dia. 

"Ini saudara-saudara, perjuangan kita. Ini yang harus kita hentikan, pendarahan rakyat Indonesia. Jadi ini perjuangan kita. Saya maju, saya ingin hentikan pendarahan. Bersama saudara-saudara sekalian. Ini tugas kita bersama," katanya.
[Gambas:Video CNN] (tst/sur)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2BZU4AS

March 04, 2019 at 12:09AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Prabowo: Indonesia Pendarahan, Hidup dari Transfusi Utang"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.