Thomas Lembong Kaget Jokowi Marah hingga Sebut Bodoh

Jakarta, CNN Indonesia -- Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong mengaku kaget saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) menumpahkan kekesalannya atas kinerja investasi dan ekspor yang loyo. Thomas bahkan tidak menyangka apabila Jokowi menyampaikan keluhannya di acara Rakornas BKPM.

"Saya lumayan kaget karena kemarin di acara Rakornas BKPM dalam sambutannya Presiden mengeluhkan neraca dagang, kekalahan investasi, sampai keluar dari mulut beliau kata 'bodoh'," katanya di Hotel Shangri-La, Rabu (13/3).

Tidak hanya mengungkapkan kekesalannya, Jokowi, kata Thomas, juga membanding-bandingkan investasi dan ekspor Indonesia yang tertinggal dari negara tetangga.


Namun demikian, Thomas mengakui pernyataan yang disampaikan oleh orang nomor satu di Indonesia itu. Indonesia, ia bilang memang membutuhkan upaya ekstra untuk menggenjot investasi dan ekspor.

"Saya mengakui bahwa kita ketinggaan, kita kalah baik dari segi inevstasi maupun ekspor dengan Malaysia, Thailand, dan Vietnam," ujarnya.

Tahun lalu, BKPM mencatat pertumbuhan investasi hanya 4,1 persen menjadi Rp721,3 triliun dari posisi 2017 sebesar Rp692,8 triliun. Persentase itu melambat dibandingkan dengan realisasi pertumbuhan 2017 yang mencapai 13,1 persen.


Sementara itu, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat kinerja ekspor sepanjang tahun lalu senilai US$180,06 miliar. Raihan ekspor itu di bawah kinerja impor yang mencapai US$188,63 miliar. Kondisi ini menyebabkan Indonesia mengalami defisit neraca perdagangan senilai US$8,57 miliar.

Atas kondisi itu, Presiden Jokowi mengaku heran lantaran ia menilai investor berbondong mendatangi Indonesia setiap harinya. Namun, hanya sedikit minat investasi tersebut yang terealisasi.

Ia meyakini ada kesalahan dalam tata kelola investasi di Indonesia yang perlu segera dibenahi.

[Gambas:Video CNN]

"Ini yang salah di mana? Di pusat, provinsi, kota atau kabupaten? Saya akan kontrol betul mana yang salah. Investor datang ingin investasi tapi kenapa tidak menetas? Ini pasti ada problemnya, apakah kecepatan perizinan, atau mungkin urusan pembebasan lahan yang bertele tele sehingga investor pergi atau pelayanan kita yang tidak cepat dan tidak baik? Ini urusan besar," tandas Jokowi.

(ulf/bir)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2NZWunS

March 14, 2019 at 12:28AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Thomas Lembong Kaget Jokowi Marah hingga Sebut Bodoh"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.