Jual Terbatas Mobil Harga Miliaran, Jurus BMW Hadapi Pandemi

Jakarta, CNN Indonesia --

Pasar mobil premium masih menjanjikan semasa pandemi corona (Covid-19) menurut BMW Group Indonesia. Catatan penjualan retail mobil BMW selama semester pertama 2020 tidak jatuh signifikan kendati otomotif dalam negeri ditampar keras efek virus corona (Covid-19).

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pada Juni, retail alias penjualan dealer BMW ke konsumen naik menjadi 125 unit dari Mei 85 unit.

Kenaikan itu dipicu longgarnya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang ditandai juga dengan kenaikan penjualan retail seluruh merek pada Juni menjadi 29.862 unit, meninggi 74,8 persen ketimbang Mei.


Retail BMW 125 unit pada Juni terpantau hanya turun sedikit dibanding hasil kinerja pada Juni 2019 sebanyak 131 unit.

Sementara retail BMW sepanjang Januari-Juni sejumlah 831 unit, itu hanya drop 20 persen dibanding periode sama tahun lalu 1.039 unit. Efek pandemi pada BMW tidak separah merek lain, misalnya Toyota yang mengalami penurunan 40 persen atau Lexus 26 persen.

Menurut data retail, saat ini BMW berada di posisi ke-14 dalam urutan merek terlaris di Indonesia. BMW tepat berada satu peringkat di bawah Mercedes-Benz yang selama Januari-Juni menorehkan catatan beda tipis yakni 833 unit.

Kedua merek itu mewakili merek segmen premium dengan penjualan terbanyak pada semester satu. Catatan merek lain, Lexus ada di posisi 18 dengan hasil penjualan 423 unit, Mini ke-22 dengan 215 unit, dan Audi ke-29 dengan 21 unit.

Model spesifikasi tinggi laku

Vice President of Corporate Communications BMW Group Indonesia Jodie O'tania menjelaskan penjualan mobil BMW selama pandemi mengalami kenaikan pada sejumlah model. Dia menyebut misalnya sedan Seri 3 meningkat 39 persen dan SUV X5 naik hampir dua kali lipat menjadi 116 unit.

Selain itu dia juga bilang model unik dan spesifikasi tinggi BMW masih dicari konsumen di Indonesia.

"Sampai saat ini masih optimis terutama untuk kendaraan unik dan kemudian hadir dengan spesifikasi tinggi," kata Vice President of Corporate Communications BMW Group Indonesia Jodie O'tania dalam diskusi virtual, Kamis (23/7).

BMW Group Indonesia telah meluncurkan sejumlah model pada tahun ini, beberapa di antaranya hanya dijual terbatas seperti M5 Edition 35 Years, Mini Countryman Blackheath, X3 M Competition, X4 Competition.

Pada Kamis (23/7) BMW Group Indonesia juga meluncurkan 840i Gran Coupé M Technic dan new BMW 840i Coupé M Technic yang masing-masing hanya dijual terbatas 10 unit.

Jodie menjelaskan masa pandemi merupakan tantangan buat seluruh industri di dalam negeri, termasuk otomotif. Dia bilang perusahaan bakal terus merancang strategi demi meningkatkan penjualan, salah satunya melalui produk baru.

"Maka kami terus hadirkan kendaraan baru seperti yang hari ini kami luncurkan," kata Jodie saat peluncuran virtual 840i Gran Coupé M Technic dan new BMW 840i Coupé M Technic.

(ryh/fea)

[Gambas:Video CNN]

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2ZTALFF

July 24, 2020 at 10:17AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jual Terbatas Mobil Harga Miliaran, Jurus BMW Hadapi Pandemi"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.