Melihat Kemungkinan Penularan Covid dari Bumil ke Janin

Jakarta, CNN Indonesia --

Ketika virus corona disebut bisa lewat udara (airborne), penyebaran lain yang dikhawatirkan adalah dari ibu ke janin.

Bisakah seorang wanita hamil menyebarkan virus corona ke janinnya?

Peneliti menyebutkan bahwa hal Itu mungkin saja, tetapi tampaknya relatif jarang dan para ilmuwan berpikir mereka tahu mengapa itu terjadi.


Banyak virus dapat melewati plasenta dan menginfeksi janin di dalam rahim, dan bukti telah berkembang bahwa coronavirus terkadang juga bisa.

Para peneliti di Italia, dikutip dari AP, mempelajari 31 wanita dengan COVID-19 yang melahirkan bayi pada bulan Maret dan April dan menemukan tanda-tanda virus pada beberapa sampel darah tali pusat, plasenta dan, dalam satu kasus, ASI. Tetapi pengujian semacam ini hanya dapat mendeteksi potongan materi genetik - itu tidak berarti ada virus yang dapat menyebabkan infeksi di tempat-tempat itu.

Dalam satu kasus, ada bukti kuat yang menunjukkan bayi baru lahir memiliki virus saat lahir karena tanda-tanda itu ditemukan dalam darah tali pusat dan plasenta. Di tempat lain, bayi yang baru lahir memiliki antibodi virus corona tertentu yang tidak dapat melewati plasenta, sehingga penularannya tidak mungkin berasal dari ibu.

Sebuah laporan dari Perancis memberi bukti yang lebih kuat tentang infeksi di dalam rahim, dan bayi yang baru lahir ternyata terinfeksi saat lahir.

Sementara itu, penelitian yang dipimpin oleh National Institutes of Health memberikan kemungkinan alasan mengapa janin tidak lebih sering terinfeksi: sel-sel dalam plasenta jarang membuat dua saluran yang digunakan virus corona untuk masuk.

Sebagian besar penelitian sejauh ini mengenai wanita yang berada di tahap akhir kehamilan ketika mereka terserang virus; diperlukan lebih banyak penelitian tentang apa yang terjadi jika infeksi terjadi pada awal kehamilan.

Para wanita hamil diharapkan untuk tetap memakai masker di depan umum, sering mencuci tangan dan tinggal setidaknya 2 meter dari orang lain untuk menghindari infeksi.

(chs)

[Gambas:Video CNN]

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/3hlUggg

July 21, 2020 at 09:06AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Melihat Kemungkinan Penularan Covid dari Bumil ke Janin"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.