Pendaftaran UTBK SBMPTN Dilakukan Daring, Ada 2 Tes Dihadapi

Jakarta, CNN Indonesia -- Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri alias SBMPTN 2019 telah dibuka, Jumat (1/3) per pukul 10.00 WIB.

Mengutip dari situs resmi SBMPTN 2019 , calon mahasiswa PTN diharuskan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Kompetensi (UTBK) yang diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Kemenristekdikti.

Sebelumnya, Menristekdikti Mohammad Nasir menyatakan pada tahun ini ada dua tes yang harus dilalui peserta dalam UTBK SBMPTN 2019.

"Untuk itu tahun ini kami akan lakukan dua model tes. Pertama, tes potensi skolastik (TPS) yakni menguji anak ketika kuliah nanti akan selesai apa tidak, karena kita tidak ingin anak DO di tengah jalan," ujar Nasir di Surabaya, Rabu (20/2), seperti dikutip dari Antara.


Tes kedua adalah tes kompetensi akademik (TKA). Tes itu untuk mengetahui anak tersebut akan cocok pada bidang apa dibandingkan dengan nilai yang keluar lebih dulu.

Merujuk informasi yang didapatkan dari Sekretariat SBMPTN, jadwal kegiatan termasuk pendaftaran UTBK 2019 dilakukan dua gelombang. Gelombang pertama 1-24 Maret 2019, lalu gelombang 2 25 Maret-1 April 2019.

Pelaksanaan tes dan pengumuman hasilnya pun dilakukan bergelombang sesesuai pendaftaran UTBK SBMPTN 2019 yang digelar dua gelombang.

Bagi para peserta yang ingin mendaftar, disebutkan bisa melakukannya secara daring di situs SBMPTN 2019 berikut: https://ift.tt/2GRnSnh.

Sementara itu di Padang, Wakil Rektor I Universitas Andalas, Dachriyanus menyatakan di tempatnya pelaksanaan UTBK SBMPTN 2019 digelar 10 kali dalam 20 sesi dengan materi TPS dan TKA.

Para calon mahasiswa, kata Dachriyanus, bisa melakukan pendaftaran UTBK SBMPTN 2019 pada dua gelombang, dan ikut tes di dua gelombang tersebut.

"Pada tahun ini calon mahasiswa bisa mengikuti tes dua kali yaitu pada gelombang pertama dan gelombang kedua, dan nanti hasil yang menjadi patokan adalah nilai tertinggi," kata Dachriyanus di Padang, Senin (18/2).

Ia menyampaikan hasil UTBK SBMPTN 2019 akan diumumkan 23 April hingga 2 Juni mendatang. Sementara itu, sambungnya, hasil SBMPTN 2019 diumumkan pada 9 Juli 2019.


[Gambas:Video CNN] (Antara/kid)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2Nzhhi5

March 02, 2019 at 01:56AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pendaftaran UTBK SBMPTN Dilakukan Daring, Ada 2 Tes Dihadapi"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.