Menuju Akhir Pekan, IHSG Diramalkan Kian Lesu

Jakarta, CNN Indonesia -- Menuju akhir pekan, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diramalkan bergerak negatif. Hal ini terjadi setelah The Fed dan Bank Indonesia (BI) sama-sama mempertahankan suku bunga acuan.

Diketahui, suku bunga acuan The Fed saat ini berada di posisi 2,25 persen-2,5 persen. Sementara itu, suku bunga acuan BI sebesar 6 persen.

Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper Jordan menilai indeks dari segi teknikal juga sudah berada di area jenuh beli (overbought). Maklum, beberapa hari terakhir IHSG memang tampak menguat.

"(IHSG) ada indikasi akan melemah dalam jangka pendek," papar Dennies dalam risetnya.


Kalaupun menguat, kata dia, sifatnya akan terbatas. Ia memprediksi IHSG hari ini bergerak dalam rentang support 6.288-6.311 dan resistance 6.357-6.380.

Berbeda, Analis Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya optimistis IHSG dapat melaju di zona hijau setelah koreksi tipis pada penutupan perdagangan kemarin. Ini lantaran dana asing masih terus mengalir ke pasar saham Indonesia.

"Minat pelaku pasar asing masih cukup besar ke pasar modal Indonesia, hari ini IHSG berpotensi menguat," ungkapnya melalui riset.

Namun, jika di tengah perdagangan IHSG bergerak melemah, William menganggapnya sebagai koreksi wajar. Dengan demikian, pelaku pasar tetap bisa memanfaatkan momentum itu untuk ambil posisi beli.


"Mengingat dalam jangka panjang IHSG masih berada dalam pola tren kenaikan," terang William.

Hari ini, ia memprediksi IHSG berada dalam rentang support 6.257 dan resistance 6.488. William merekomendasikan sejumlah saham konstruksi Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yakni PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR), PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI), dan PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk (PTPP).

Pada perdagangan terakhir, IHSG hampir bergerak stagnan atau melemah tipis sebesar 0,05 persen atau 3,56 poin ke level 6.335. Padahal, transaksi beli pelaku pasar asing masih tinggi hingga mereka tercatat beli bersih (net buy) di all market sebesar Rp278,74 miliar.

Sebaliknya, pergerakan bursa saham Wall Street terpantau lebih baik tadi malam. Dow Jones berakhir di teritori positif dengan penguatan 0,94 persen, S&P500 0,95 persen, dan Nasdaq Composite 0,8 persen.

(aud/lav)

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2x94yLC

June 21, 2019 at 03:09PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Menuju Akhir Pekan, IHSG Diramalkan Kian Lesu"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.