Penyebab Pembuluh Darah Mata Pecah Seperti Ignasius Jonan

Jakarta, CNN Indonesia -- Pembuluh darah di mata kanan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan diberitakan pecah. Saat ini, Rabu (13/3), Jonan dikabarkan sedang menjalani perawatan di Tokyo, Jepang.

Dalam istilah medis, pecah pembuluh darah mata dikenal juga dengan pendarahan subkonjungtiva. Hal itu terjadi saat pembuluh darah kecil yang berada tepat di bawah permukaan mata (konjungtiva) pecah.

Namun darah yang keluar itu biasanya terperangkap di dalam mata yang membuat bagian putih mata berubah warna menjadi merah.

Dalam beberapa kasus, pendarahan subkonjungtiva tak berbahaya dan dapat sembuh dalam beberapa waktu.

Namun jika terlambat mendapatkan perawatan, kondisi ini dapat berakibat kebutaan.

Dikutip dari situs peduli mata internasional All About Vision, pendarahan subkonjungtiva dapat terjadi karena beberapa hal, mulai dari batuk hebat, bersin yang kuat, mengejan, atau muntah.

Pendarahan dapat pula terjadi karena cedera mata akibat menggosok mata terlalu kencang atau akibat benda asing yang melukai mata.

Pada beberapa kasus, pendarahan juga bisa terjadi karena kekurangan vitamin K dan operasi mata seperti lasik.

Dikutip dari situs kesehatan Mayo Clinic, faktor risiko pendarahan pada mata dapat terjadi pada orang-orang yang menderita diabetes, tekanan darah tinggi, mengonsumsi obat pengencer darah, dan mengalami gangguan pembekuan darah.

Dalam kasus Jonan, masih belum diketahui secara pasti penyebab pecahnya pembuluh mata.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Jonan dijadwalkan untuk menghadiri acara Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi dengan 18 Pemerintah Kabupaten/Kota tentang Penyediaan dan Pendistribusian Gas Bumi Melalui Jaringan Distribusi Gas Bumi untuk Rumah Tangga Tahun Anggaran 2019 di Jakarta pada hari ini, Rabu (13/3).

Namun, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Djoko Siswanto menyebutkan Jonan batal hadir karena harus memperpanjang cuti untuk berobat di Tokyo, Jepang.

Djoko mengungkapkan kondisi Jonan tak parah. Namun, Djoko meminta doa agar Jonan segera pulih.

"Beliau kembali ke Jakarta Jumat (15/3) ini," ujarnya.

[Gambas:Video CNN]

(ptj/ard)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2Hl5IdY

March 14, 2019 at 03:11AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Penyebab Pembuluh Darah Mata Pecah Seperti Ignasius Jonan"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.