Korsel Catat Lebih dari 100 Kasus Baru Corona Per Hari

Jakarta, CNN Indonesia --

Korea Selatan melaporkan 113 kasus baru Covid-19 pada Sabtu (25/7). Itu menjadi kali pertama Korea Selatan melaporkan penambahan lebih dari 100 kasus per hari dalam empat bulan terakhir.

Namun, kenaikan tersebut telah diprediksi otoritas kesehatan.

Lonjakan itu terjadi karena infeksi di antara para awak kapal kargo dan ratusan pekerja konstruksi Korea Selatan dari Irak.


Direktur Institut Kesehatan Nasional Korea Selatan, Kwon Jun-wook, pada Jumat (24/7) sudah mengatakan kasus baru yang dilaporkan mendatang bakal melebihi 100 kasus untuk pertama kalinya sejak 1 April.

Sehingga, masyarakat diharapkan untuk tidak terlalu mengkhawatirkan hal tersebut.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea Selatan mengungkapkan 86 dari kasus yang dilaporkan merupakan impor, termasuk 36 pekerja Korea Selatan yang kembali dari Irak dan 34 anggota awak kapal kargo Rusia yang tengah berlabuh di Busan.

Melansir AP, 89 dari 293 pekerja Korea Selatan dari Irak yang tiba di rumah pada Jumat (24/7) sudah menunjukkan gejala terinfeksi virus corona.

Sementara itu, 27 kasus lainnya merupakan transmisi lokal, termasuk 11 kasus dari Seoul. Lonjakan tersebut tidak diikuti dengan penambahan kematian.

Sehingga, lonjakan itu membuat Korea Selatan kini mencatat 14.092 kasus Covid-19 dengan catatan 12.817 orang pulih dan 298 meninggal dunia.

Pemerintah Korea Selatan menilai kasus impor tak lebih mengancam dibandingkan transmisi lokal.

Mereka selalu mewajibkan tes dan karantina dua minggu kepada semua orang yang datang dari luar negeri.

Demi menekan penyebaran virus, Korea Selatan menandai beberapa negara yang dianggap berisiko tinggi, seperti Bangladesh, Pakistan, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Filipina dan Uzbekistan.

Sementara itu, Russia masuk dalam daftar negara yang masih dipertimbangkan.

Korea Selatan merupakan salah satu negara yang meredam penyebaran virus corona meski sempat mencatatkan kasus terbanyak di dunia pada awal pandemi.

Kini, mereka telah melonggarkan aturan jaga jarak sejak pertengahan April.

(AP/ard)

[Gambas:Video CNN]

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/39pdgYe

July 25, 2020 at 09:17AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Korsel Catat Lebih dari 100 Kasus Baru Corona Per Hari"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.