China Akan Rilis Film Lama untuk Bantu Bioskop usai Corona

Jakarta, CNN Indonesia -- Mulai bangkit dari keterpurukan akibat virus coronaChina sebagai salah satu pasar film terbesar di dunia bersiap membuka kembali bioskop dengan rencana merilis kembali film-film lama.

Biro Perfilman China mengajukan tawaran ini karena ketersediaan film baru menjadi kendala besar bagi bioskop setelah penayangan sederet karya layar lebar ditunda akibat virus corona.

Mereka pun menawarkan distribusi lima film yang sudah dirilis sebelumnya untuk bioskop-bioskop agar bisa beroperasi.

Pemerintah mengaku sudah mencapai kesepakatan dengan pemegang hak cipta dari kelima film yang terdiri dari Wolf Warrior 2 (2017), The Wandering Earth (2019), Wolf Totem (2015), American Dreams in China (2013), dan Capernaum (2018).

Mereka pun akan mengizinkan pihak bioskop mengantongi 100 persen pendapatan dari penjualan tiket.

Biasanya, distributor dan pemegang hak cipta bisa meraup 43 persen dari hasil penjualan tiket, sementara pihak bioskop mendapatkan 51 persen, dan sisanya diserahkan untuk pajak ke pemerintah.

Seorang pejabat eksekutif dari perusahaan pemegang hak cipta film tersebut mengatakan bahwa program bebas pajak ini merupakan cara mereka untuk membantu bioskop China bangkit dari keterpurukan.

"Banyak dari mereka benar-benar berjuang dan hampir bangkrut jika tidak dibantu. Diperlukan upaya yang lebih kreatif dan suportif lagi ke depannya," katanya.

The Hollywood Reporter melaporkan bahwa sejak Rabu (18/3), sebenarnya sudah ada 17 bioskop di daerah pinggiran yang mulai beroperasi. Namun, pendapatan mereka terhitung sangat kecil, hanya 7.606 yuan atau setara Rp16,9 juta secara nasional.

[Gambas:Video CNN]

Biro Perfilman China sendiri sebenarnya sudah mulai menyusun rencana perilisan film lama ini setelah kasus infeksi virus corona di Negeri Tirai Bambu berangsur turun dalam beberapa waktu belakangan.

Perbincangan kian serius setelah China melaporkan tak ada kasus infeksi virus corona baru pada Kamis (19/3), untuk pertama kalinya sejak wabah merebak di Wuhan pada Desember lalu.

Merujuk pada data dari Worldometers, hingga saat ini virus corona di China telah menginfeksi 80.928 orang, 3.245 di antaranya meninggal dunia, sementara 70.420 lainnya sembuh. (has)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2Qx15QV

March 20, 2020 at 07:50AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "China Akan Rilis Film Lama untuk Bantu Bioskop usai Corona"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.