7 Manfaat Olahraga Aerobik atau Kardio

Jakarta, CNN Indonesia --

Aerobik adalah salah satu jenis olahraga yang dapat dilakukan dengan mudah oleh siapa saja. Olahraga aerobik atau yang kini lebih akrab dengan sebutan cardio/kardio ini menawarkan banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh dan otak.

Latihan aerobik adalah istilah untuk latihan fisik yang melibatkan oksigen untuk memenuhi kebutuhan energi selama bergerak. Sejumlah olahraga dapat dikategorikan sebagai latihan aerobik seperti berenang, berlari, bersepeda, dan senam.

Berbagai gerakan dalam latihan kardio akan merangsang denyut jantung dan meningkatkan laju pernapasan.


Latihan kardio memiliki sejumlah tingkatan yakni intensitas rendah, sedang, dan tinggi. Semakin cepat dan berat olahraga tersebut, semakin tinggi intensitas olahraga, dan semakin banyak pula oksigen yang dibutuhkan.

Gerakan aerobik yang mengaktifkan otot di seluruh tubuh serta melibatkan oksigen yang tinggi memberikan banyak manfaat pada organ tubuh.

Berikut manfaat olahraga aerobik atau kardio.

1. Menurunkan berat badan

Gerakan yang intens dalam aerobik mampu membakar kalori secara efektif sehingga dapat menurunkan berat badan, terutama jika dikombinasikan dengan diet yang baik.

Gerakan aerobik intensitas sedang selama 20 menit dapat membakar sekitar 100-200 kalori. Berlari atau bersepeda selama 30 menit juga dapat menghabiskan sekitar 200-400 kalori.

Weighloss- Low section of a young on a weighing scaleFoto: Istockphoto/Urilux
Gerakan intens dalam aerobik mampu membakar kalori secara efektif sehingga dapat menurunkan berat badan.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Kardio berhubungan erat dengan jantung karena membuat jantung memompa darah lebih cepat. Kondisi ini baik untuk kesehatan jantung karena dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh dan menjaga pembuluh arteri tetap sehat.

3. Menurunkan tekanan darah

Latihan aerobik ampuh menurunkan tekanan darah. Saat melakukan aktivitas aerobik, pembuluh darah akan cenderung melebar untuk mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh sehingga tekanan darah berkurang.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Latihan kardio meningkatkan kondisi kekuatan dan kekebalan tubuh dengan prima sehingga dapat mencegah berbagai penyakit karena paparan virus dan bakteri.

5. Meningkatkan suasana hati

Dikutip dari Mayo Clinic, saat melakukan aktivitas aerobik, tubuh melepaskan hormon endorfin yang dapat meningkatkan suasana hati. Hormon ini juga menghilangkan rasa sakit dan merilekskan tubuh sehingga meningkatkan suasana hati dan memperbaiki kualitas tidur.

6. Detoksifikasi tubuh

Kardio melibatkan jumlah oksigen yang tinggi. Oksigen ini akan dikirimkan ke seluruh tubuh dan kembali membawa produk limbah seperti karbon dioksida dan asam laktat yang bersifat toksik dan tidak dibutuhkan oleh tubuh.

7. Meningkatkan kesehatan otak

Dikutip dari Medical News Today, studi menunjukkan aerobik dapat menjaga kesehatan otak dengan meningkatkan fungsi kognitif dan mengurangi risiko demensia.

Setiap orang dewasa direkomendasikan untuk melakukan latihan aerobik dan juga latihan kekuatan 30-60 menit setiap hari lima kali seminggu atau total 150 menit per minggu. Lakukan olahraga sesuai dengan kemampuan untuk mencegah risiko kelelahan dan cedera.

(ptj/NMA)

[Gambas:Video CNN]

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2SKM7aI

October 11, 2020 at 06:37AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "7 Manfaat Olahraga Aerobik atau Kardio"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.