Tren Laptop dengan Layar Lipat

Jakarta, CNN Indonesia --

Tren teknologi dua layar kini tak lagi hanya menyentuh ponsel saja. Vendor-vendor laptop berbondong-bondong mulai menyematkan fitur dua layar atau dual screen ke laptop buatannya.

Tahun 2020 menjadi tahun yang tepat dengan tuntutan multitasking konsumen yang semakin meningkat. Patut diketahui, tren ini dimulai dengan laptop Surface Neo besutan Microsoft.

Laptop dual layar kemudian diluncurkan oleh Dell dalam dua lini laptop, yakni Dell Ori dan Dell Duet. Dell Ori sesungguhnya memiliki satu layar yang bisa dilipat seperti ponsel Samsung Fold atau Huawei mate X. Sedangkan Dell Duet adalah laptop dengan dua layar yang bisa dibuka-tutup.


Total lebar layar laptop Dell Ori sebelum dilipat selebar 13,4 inci. Sehingga ketika dilipat, laptop ini menjadi perangkat laptop berukuran kecil. Layarnya menggunakan panel OLED beresolusi 4K.

ThinkPad X1 Fold dari Lenovo menggunakan konsep satu layar yang bisa dilipat juga seperti Dell Ori. Laptop tidak memiliki dua layar terpisah, tapi memiliki satu panel OLED yang bisa dilipat menjadi dua.

Saat dilipat, kedua sisi layar ini dapat digunakan sebagai satu layar atau dua sisi terpisah untuk multitasking. Salah satu layar juga bisa dijadikan keyboard virtual untuk mengetik.

Lenovo ThinkPad XI Fold memiliki layar OLED 13,3 inci dengan piksel 2.048 x 1.536.

Namun apabila pengguna lebih nyaman dengan keyboard fisik, keyboard magnetik juga disediakan Lenovo. Keyboard ini bisa menempel dengan pas di salah satu layar.

Laptop satu setengah layar

Sementara itu, laptop gaming Asus ROG Zepyhrus Duo 15 menjadi salah satu laptop gaming pertama dengan layar ganda. Satu layar kecil di atas keyboard bisa digunakan untuk multitasking.

Zephyrus Duo dilengkapi ROG ScreenPad Plus berukuran 14,09 inci dilengkapi dengan layar sentuh AH-VA 60Hz UHD (3,840 x 1.110), dengan lapisan anti-silau dan dukungan stylus.

Berbeda dengan jenis dual screen lainnya, laptop ini bisa disebut memiliki satu setengah layar. Sebab layar keduanya hanya setengah, setengahnya lagi digunakan untuk keyboard.

Desain layar ini juga diterapkan oleh HP Omen X 2S yang juga merupakan ponsel gaming. Asus ZenBook Duo juga memiliki layar satu setengah ini.

Laptop dua layar, di depan dan di atas penutup layar

Sementara itu, Lenovo juga meluncurkan desain baru laptop dua layar, Thinkbook Plus. Lenovo menampilkan layar utama FHD IPS dengan bentang 13,3 inci dan layar e-Ink sebagai layar depan dengan bentang 10,8 inci.

Terletak di atas penutup layar, layar terbuat dari Corning Gorilla Glass NBT agar tak mudah tergores. Fitur bernama e-lnk ini mampu membantu pengguna untuk ketika melakukan banyak tugas secara bersamaan (multitasking).

Pengguna dapat membuat sketsa dan menulis catatan menggunakan Lenovo Precision Pen serta menerima notifikasi penting ketika laptop ditutup. Pengguna tak perlu khawatir ketinggalan notifikasi saat laptop sedang tertutup

(jnp/mik)

[Gambas:Video CNN]

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/3iNH0ky

October 10, 2020 at 08:52AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tren Laptop dengan Layar Lipat"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.