Kronologi Mike Tyson vs Roy Jones

Jakarta, CNN Indonesia --

Mike Tyson bakal berduel lawan Roy Jones Jr pada 28 November waktu setempat atau Minggu (29/11) WIB. Berikut kronologi terjadinya duel tersebut.

Pandemi corona membuat banyak hal menarik mengapung ke permukaan. Salah satunya adalah keinginan Mike Tyson untuk kembali naik ring di usia 54 tahun.

Meski sudah berusia lebih dari 50 tahun, pesona Mike Tyson belum luntur termakan usia. Ketika Mike Tyson menyatakan ingin bertarung dalam laga ekshibisi dengan tujuan pengumpulan dana, tawaran datang dari berbagai pihak sejak bulan Mei.


Mike Tyson mendapat tawaran bertarung dari Australia untuk menghadapi Barry Hall, Paul Gallen, dan Sonny Bill Williams.

Ketiganya merupakan mantan pemain football dan rugbi yang berubah profesi jadi petinju saat melewati usia produktif.

Mike Tyson menolak tawaran itu. Ia menganggap tawaran tersebut sebagai sebuah penghinaan untuk tinju. Pihak Mike Tyson menegaskan bila ia kembali ke ring, maka lawan yang dihadapi adalah petinju.

Presiden Bare Knuckle Fighting Championship alias duel tinju tanpa sarung tangan juga mengontak Mike Tyson untuk bersedia berlaga melawan petarung dari BKFC.

Suasana makin panas ketika petinju generasi Mike Tyson macam Evander Holyfield mengunggah video latihan. Holyfield bersedia menghadapi Mike Tyson untuk tujuan laga amal dan pengumpulan dana.

Challenger Evander Holyfield (R) reacts after his upset victory in his WBA championship bout with Mike Tyson on November 09, 1996 at the MGM Grand Hotel in Las Vegas, Nevada. Holyfield won the WBA heavyweight title with a technical knockout in the 11th round. (Photo by JEFF HAYNES / AFP)Evander Holyfield sempat jadi calon kuat lawan Mike Tyson di laga ekshibisi. (JEFF HAYNES / AFP)

Duel Tyson vs Holyfield sempat diyakini bakal jadi calon kuat laga ekshibisi lantaran sejarah panjang rivalitas kedua petinju. Namun duel itu tidak kunjung diresmikan.

Selain Holyfield, nama lain yang sempat beredar adalah Shannon Briggs, David Haye, Wladimir Klitschko, Oliver McCall hingga petinju yang masih aktif yaitu juara dunia kelas berat, Tyson Fury.

Pada 23 Juli, nama yang terpilih sebagai calon lawan Mike Tyson adalah Roy Jones Jr. Jones adalah legenda kelas menengah dan light heayvweight yang juga pernah menjadi juara kelas berat.

GIF Banner Promo Testimoni

Pemilihan Roy Jones terbilang cukup berat bagi Mike Tyson karena Roy Jones masih aktif bertarung profesional hingga 2018. Itu berarti Roy Jones hanya vakum dua tahun, beda halnya dengan Mike Tyson yang terakhir kali naik ring pada 2005.

Jones dan Mike Tyson juga punya ikatan lantaran rencana duel keduanya di dekade 2000-an batal terlaksana. Laga ekshibisi ini seolah-olah perwujudan rencana yang batal belasan tahun silam.

Plot awal laga Mike Tyson vs Jones bakal digelar 12 September. Namun rencana itu diundur ke 28 November dengan dalih persiapan yang lebih matang, baik untuk petinju maupun untuk pelaksanaan acara.

Mike Tyson dan Roy Jones sama-sama menegaskan bahwa laga nanti tidak akan sekadar jadi laga ekshibisi yang membosankan.

"Jika kesempatan itu datang saya akan memanfaatkannya. Olahraga pertarungan dan menyakiti orang adalah tentang diri saya. Kami berdua profesional, kami tahu bagaimana cara menangani diri sendiri dan yang akan terjadi," kata Tyson.

Roy Jones Jr of the US celebrates his 12-round unanimous decision over John Ruiz of Puerto Rico to claim the WBA Heavyweight title at the Thomas & Mac Center in Las Vegas 01 March 2003. Jones became the first former middleweight champion since 1897 to capture the heavyweight title. AFP PHOTO/Mike NELSON (Photo by MIKE NELSON / AFP)Roy Jones Jr. siap dengan segala risiko di balik duel lawan Mike Tyson. (AFP/MIKE NELSON)

Roy Jones juga sudah siap dengan risiko yang ia terima. Berada satu ring dengan Mike Tyson berarti berhadapan dengan risiko terburuk.

Kedua petinju seolah mengabaikan larangan untuk tidak cedera serius di laga ini. Tyson dan Jones tak mau terikat pada aturan bahwa laga ini hanya laga ekshibisi untuk tujuan amal. Duel ini seperti sebuah duel perebutan gelar juara dunia.

Baik Mike Tyson maupun Roy Jones juga kompak menyuarakan kekecewaan ketika waktu per ronde dipangkas menjadi hanya dua menit. Baik Mike Tyson maupun Roy Jones juga pamer kesiapan dan bentuk tubuh mereka yang siap untuk bertarung.

Dengan segala atmosfer tersebut, publik bisa melihat suasana panas di laga nanti.

(ptr/sry)

[Gambas:Video CNN]

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/3682eqi

November 27, 2020 at 09:13AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kronologi Mike Tyson vs Roy Jones"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.