Waktu Terbaik Lihat Puncak Hujan Meteor Orinoid Hari Ini

Jakarta, CNN Indonesia --

Hari Sabtu (28/11) menjadi puncak hujan meteor Orionid. Meski terjadi pada pagi pukul 09.00 WIB, masih ada cara untuk menikmatinya di malam hari.

Menurut kalender Bosscha, hujan meteor Orionid terjadi dari tanggal 13 November 2020 hingga 6 Desember 2020 dan puncaknya terjadi pada tanggal 28 November 2020.

Titik radian (asal hujan meteor) akan berada pada rasi Orion.


Dari Bandung, hujan meteor ini akan terjadi setelah pukul 19.27 WIB sampai pukul 05.00 WIB dengan pengamatan terbaik bisa diamati sekitar pukul 01.00 WIB.

Pada puncaknya hujan meteor Orionid akan terjadi pada pukul 09.00 WIB.

Di Bandung titik radian pada puncaknya akan berada pada ketinggian 67 derajat sehingga diprediksi dapat mengamati 2 meteor per jam, prediksi ini dengan asumsi langit sangat gelap.

Hujan meteor Orinoid ditandai warna biru yang artinya bisa diamati dengan mata telanjang, tanpa bantuan alat apapun.

Hujan meteor Orinoid sendiri berasal dari komet Halley dan mereka bukan bintang jatuh tetapi puing-puing yang ditinggalkan oleh komet lalu terbakar di atmosfer Bumi.

Komet Halley, mengutip Earth Sky, bisa dibilang yang paling terkenal dari semua komet yang terakhir mengunjungi Bumi pada 1986 silam.

Partikel yang ditumpahkan oleh komet menghantam atmosfer bagian atas kita, tempat partikel tersebut menguap pada jarak sekitar 100 kilometer di atas permukaan bumi.

(din/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2Jfa350

November 28, 2020 at 07:12AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Waktu Terbaik Lihat Puncak Hujan Meteor Orinoid Hari Ini"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.