Sandy Walsh: Saya Memikirkan Sejumlah Klub Liga 1 Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia --

Pemain Belanda keturunan Indonesia Sandy Walsh memilih bergabung dengan KV Mechelen di Liga Belgia. KV Mechelen merupakan kesebelasan ketiga asal Belgia yang diperkuat Walsh setelah KRC Genk dan Zulte Waregem.

Sebelum bergabung dengan KV Mechelen, bek yang tertarik menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) itu juga mengaku sempat berpikir untuk hijrah ke Indonesia. Meski akhirnya mengurungkan niat tersebut.

Darah Indonesia yang mengalir dalam tubuh Sandy Walsh membuat ambisi menjadi WNI tak pernah padam. Bahkan, ia sudah mengatur rencana untuk kembali ke Indonesia jika situasi dan kondisi sudah aman dari pandemi covid-19.


Lalu apa alasan Sandy Walsh mengurungkan niat bergabung dengan klub di Indonesia? Bagaimana pendapatnya tentang Shin Tae Yong, Kepala Pelatih Timnas Indonesia dan kelanjutan rencana proses naturalisasinya?

Berikut wawancara khusus CNNIndonesia.com bersama Sandy Walsh;

Apa alasan Sandy Walsh bergabung dengan KV Mechelen?

Karena KV Mechelen adalah klub Belgia yang punya tradisi indah. Klub dengan penggemar yang luar biasa dan selalu penuh penonton ketika tampil di laga kandang.

Sandy WalshSandy Walsh terus melakukan komunikasi dengan PSSI. (Instagram/@sandywalsh)

Saya sebagai pemain yang sangat dekat dengan suporter sangat senang bisa tampil dengan stadion berisi penonton yang penuh. Hal itu yang membuat saya sangat mudah untuk menjatuhkan pilihan saya ke KV Mechelen.

Selain KV Mechele apakah ada penawaran dari klub lain, terutama dari luar Belgia?

Sempat ada beberapa komunikasi dan kontak yang telah saya lakukan. Tapi akhirnya mereka tidak mengambil pemain. Jadi saya harus kembali memulai dari awal untuk mencari klub baru dengan penawaran terbaik.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

Tak lama setelah KV Mechelen menunjukkan ketertarikan, pikiran saya langsung ingin bergabung dengan mereka.

Apakah ada klub Indonesia yang menjalin komunikasi dan memberikan penawaran buat Sandy Walsh?

Setahu saya tidak. Saya ingat, saya pernah memikirkan beberapa klub sepak bola (Liga 1) di Indonesia ketika status saya sebagai pemain bebas transfer. Tapi menurut saya, karena liga di Indonesia punya masalah akibat covid-19 jadi kami tidak memberikan penawaran. Apalagi Liga belum diatur untuk bisa kembali berjalan dalam waktu dekat.

Bagaimana perkembangan rencana naturalisasi Sandy Walsh?

Kabar baiknya adalah beberapa pekan lalu saya telah dihubungi oleh salah satu pengurus PSSI. Kami berhubungan lewat telepon dengan baik dan mereka tengah mengecek proses naturalisasi yang saya jalani.

Genk's Nigerian midfielder Wilfred Ndidi (R) lies on the ground past teammate German defender Sandy Walsh during the Europa League Group F football match Athletic Club de Bilbao vs KRC Genk at the San Mames stadium in Bilbao on November 3, 2016. / AFP PHOTO / ANDER GILLENEASandy Walsh bergabung dengan KV Mechelen musim ini. (AFP PHOTO / ANDER GILLENEA)

Saya sangat positif tidak lama lagi kami akan membuat langkah maju dari proses ini. Isu besarnya adalah dengan FIFA.

Kapan terakhir kali Anda berkomunikasi dengan PSSI?

Sejak pertama kami kami berkomunikasi beberapa pekan lalu, kami terus melakukan kontak setiap pekan dengan beberapa pembaharuan. Saya sangat senang karena saya lebih sering kontak dengan PSSI.

Sejak terahir saya datang ke Jakarta untuk bertemu PSSI, saya punya perasaan kalau kami berada di jalur yang baik, tapi lalu kontaknya hilang. Jadi saya sangat senang bisa kembali berkontak dengan PSSI.

GIF Banner Promo Testimoni

Saya melihat teman saya, Marc Klok, telah menyelesaikan naturalisasinya. Saya sangat positif saya akan jadi yang selanjutnya.

Bagaimana Sandy Walsh melihat Shin Tae Yong sebagai pelatih Timnas Indonesia?

Sulit bagi saya untuk memberikan pendapat tentang kepala pelatih yang belum pernah saya temui. Tapi jika saya melihat profilnya, dia adalah pelatih dengan banyak pengalaman mengelola tim nasional.

Saya juga melihat dia sangat berkomitmen terhadap semua kelompok usia di tim nasional Indonesia sehingga senang bisa melihatnya. Mari berharap semoga kami bisa segera bekerja sama, sehingga saya dapat memberikan pendapat yang lebih baik.

Kapan Anda akan kembali ke Indonesia?

Pertama mari kita semua berdoa dan tetap aman untuk mengalahkan situasi Covid-19 ini. Ketika semua sudah ada jalan keluarnya, saya berharap untuk kembali datang ke Indonesia, terutama untuk bertemu dengan PSSI. Saya berencana datang ke Indonesia selama liburan musim panas ke depan.

(TTF/har)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/3dxsZGV

October 17, 2020 at 11:07AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sandy Walsh: Saya Memikirkan Sejumlah Klub Liga 1 Indonesia"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.