Mengenal Palung Laut Terdalam di Bumi dan Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia --

Palung Mariana atau juga bisa disebut Palung Marianas adalah palung laut di dasar Samudra Pasifik Utara bagian barat. Palung yang tak jauh dari Jepang ini merupakan palung laut terdalam di Bumi.

Sebagian besar palung terletak di timur dan selatan Kepulauan Mariana. Ini adalah bagian dari sistem palung Samudra Pasifik bagian barat yang bertepatan dengan zona subduksi.

Zona subduksi terjadi pada batas lempeng konvergen yang diapit dua buah lempeng atau lebih saling bertemu dan terjadi penunjam antar lempeng sehingga menghasilkan produk baru.


Zona subduksi dapat terjadi baik antar dua lempeng benua, dua lempeng Samudra maupun antara lempeng benua dan Samudra.

Palung Mariana membentang lebih dari 1.580 mil atau sekitar 2.540 kilometer dengan lebar rata-rata 43 mil atau 69 kilometer, seperti dikutip Science Direct.

Palung Mariana sendiri pertama kali ditemukan pada tahun 1875. Palung ditemukan dengan memanfaatkan peralatan suara pada HMS Challenger.

Ekspedisi Challenger dari tahun 1872 hingga 1876 adalah revolusioner di bidang oseanografi.

Beberapa titik parit lebih dari yang lain, dengan bagian terdalam disebut Challenger Deep. Itu dinamai untuk dua kapal yang telah menjelajahi kedalamannya dengan peralatan sounding, HMS Challenger dan HMS Challenger II.

Ilmuwan Jacques Piccard dan Letnan Angkatan Laut A.S. Don Walsh merupakan orang pertama dan kedua yang mencapai Challenger Deep dengan kapal yang dalam. Hal ini terjadi pada tahun 1960.

Air di sana cenderung berkisar antara 34 hingga 39 derajat Fahrenheit karena tidak ada sinar matahari.

Tapi yang mengejutkan adalah seberapa panas airnya juga karena ada ventilasi hidrotermal di seluruh parit. Air yang keluar dari ventilasi tersebut akan cukup untuk melepuh siapa pun pada suhu 700 derajat Fahrenheit.

Sebelumnya, Kapal selam berawak baru China, Fendouzhe atau Striver, berhasil mencapai dasar Palung Mariana tersebut. China menyiarkan langsung momen bersejarah itu melalui stasiun televisi negara CCTV.

Fendouzhe yang berisikan tiga kru kapal berhasil turun lebih dari 10 kilometer ke dalam palung laut yang terletak di Samudra Pasifik itu.

Rekaman gambar dari kamera laut yang terpasang memperlihatkan kapal selam berwarna hijau dan putih bergerak turun ke dasar laut secara perlahan dikelilingi pemandangan gelap dan awan sedimen hingga akhirnya mendarat di dasar laut.

Sementara itu, di Tanah Air sendiri ada juga palung dengan laut terdalam. Berikut ini adalah daftar palung atau trench terdalam di Indonesia.

1. Palung Mindanao (10.830 meter).
2. Palung Weber (7.440 meter).
3. Palung Jawa (7.140 meter).
4. Palung Buton ( 4.180 meter).
5. Palung Sangihe (3.850 meter).
6. Palung Talaud (3.450 meter).
7. Palung Ternate (3.450 meter).
8. Palung Timor (3.310 meter).
9. Palung Makassar (2.540 meter).

(din/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2JSU3Wo

December 06, 2020 at 06:49AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mengenal Palung Laut Terdalam di Bumi dan Indonesia"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.