VIDEO: Corona Hantam Ekonomi RI di Tahun Tikus Logam

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 23/12/2020 08:04 WIB

Jakarta, CNN Indonesia --

Pandemi virus corona membuat ekonomi Indonesia terpuruk. Kementerian Ketenagakerjaan mencatat 3,5 juta orang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) karena virus corona. Jika ditambah pengangguran terbuka, jumlah pengangguran di RI tahun ini bisa lebih dari 10 juta orang.

Secara sektoral ada tiga usaha yang paling terdampak. Sektor usaha akomodasi dan makan/minum jadi yang paling babak belur karena penurunan pendapatannya mencapai 92,47 persen. Sektor jasa lainnya mengalami penurunan 90,9 persen dan sektor transportasi dan pergudangan merosot 90,34 persen.

Pada 5 November, BPS mengumumkan pertumbuhan ekonomi minus 5,32 persen pada kuartal II dan 3,49 persen pada kuartal III 2020. Indonesia masuk ke jurang resesi.

Pemerintah meramalkan pertumbuhan ekonomi kuartal IV berada di kisaran minus 2 persen hingga positif 0,6 persen. Hal tersebut dilihat dari beberapa faktor seperti nilai tukar rupiah, inflasi, serta IHSG.

Meski vaksin corona sudah didatangkan ke tanah air, para ekonom memprediksi ekonomi tidak serta merta pulih. Pemerintah masih harus menganggarkan dana sampai jumlah vaksin cukup untuk penduduk Indonesia. Ditambah biaya vaksinasi beserta sarana dan prasarananya.

Dari sisi masyarakat, konsumsi pun diprediksi belum akan membaik karena jumlah kasus positif masih tinggi. Ekonomi diperkirakan mulai pulih pada semester II 2021.

Note: Changes to the Full-Text RSS free service



https://ift.tt/2KlR4GF

December 23, 2020 at 08:04AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "VIDEO: Corona Hantam Ekonomi RI di Tahun Tikus Logam"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.