Mengatasi Nyeri Punggung Bawah dengan Yoga

Jakarta, CNN Indonesia -- Pekerja masa kini tentu tak akan lepas dari keluhan rasa nyeri pada punggung bawah. Aktivitas kerja yang mengharuskan Anda untuk duduk dan menatap layar komputer selama berjam-jam tak ayal memicu kondisi tersebut. Yoga dipercaya dapat mengatasi masalah tersebut.

Punggung bagian bawah merupakan struktur yang kuat serta berperan penting dalam menopang tubuh saat berdiri tegak maupun saat bergerak.

Tubuh yang jarang bergerak akan menyebabkan kekakuan pada otot. Pada gilirannya, kekakuan tersebut akan menimbulkan nyeri punggung bawah.

Tak hanya dengan berolahraga rutin, beberapa penelitian menemukan bahwa nyeri punggung bawah juga dapat diatasi oleh yoga, tai chi, dan qi gong.

Para peneliti di Florida Atlantic University mengevaluasi kemanjuran dari tiga latihan pikiran-tubuh seperti yoga, tai chi, dan qi gong. Mereka menemukan bahwa ketiganya efektif mengurangi rasa sakit di bagian punggung bawah, meningkatkan kemampuan fungsional, dan menekan kecemasan.

"Yoga, tai chi, dan qi gong dapat digunakan sebagai alternatif pengobatan untuk menghilangkan rasa nyeri punggung bawah," ujar penulis studi, Ju Young Park, mengutip Healthline.

Pakar kebugaran sekaligus praktisi yoga, Pamela Peeke sepakat bahwa yoga sangat bermanfaat untuk orang-orang yang memiliki keluhan nyeri pinggang.

Namun, Peeke menyarankan Anda untuk terlebih dahulu melakukan pemeriksaan medis untuk mengetahui kondisi yang sebenarnya. Jika tak ada masalah kronis yang harus diatasi dengan cepat, Anda bisa mengatasi nyeri punggung bawah dengan yoga.

Peeke mengatakan, umumnya beberapa orang memulai perlahan dengan beberapa bentuk yoga pemulihan. Kemudian, intensitas akan ditingkatkan secara bertahap. "Hal yang sama juga berlaku untuk tai chi," kata Peeke.

Selain memperkuat tubuh, yoga dan tai chi juga memiliki manfaat tambahan untuk memperkuat pikiran.

Peeke mengatakan, tubuh dan pikiran adalah satu kesatuan. Saat bagian punggung terganggu, maka begitu pula dengan pikiran. Orang yang mengidap sakit kronis juga umumnya diliputi oleh kecemasan, ketakutan, dan depresi.

Ilustrasi. Yoga dipercaya ampuh untuk mengatasi nyeri punggung. (jeviniya/Pixabay)

"Gerak yang mengkombinasikan pikiran dan tubuh seperti yoga dan tai chi sangat baik untuk mengatasi kedua masalah ini [nyeri punggung dan kecemasan]," kata Peeke.

Nyeri punggung bagian bawah dapat diatasi dengan beberapa pose yoga sederhana. Berikut beberapa pose sederhana yang bisa Anda coba, mengutip Self.

1. Child Pose
Pose ini mengambil tekanan dari punggung bawah dengan cara meluruskan tulang belakang. Cara ini juga membantu meregangkan tubuh yang sebelumnya kaku.

Sebagai langkah pertama, Anda bisa duduk berlutut di atas matras. Ambil napas dalam-dalam. Saat Anda mengembuskan napas, turunkan bokong dan lipat tubuh Anda ke depan hingga bagian dada menyentuh paha.

Letakkan dahi di permukaan matras dan biarkan tangan terulur ke depan. Tahan pose tersebut selama 1-3 menit.

2. Cat Pose
Pose ini dapat membantu meredakan ketegangan di bagian punggung bawah. Selain itu, pose ini juga dipercaya dapat memperbaiki poster tubuh.

Pertama, Anda bisa berlutut di atas matras. Letakkan kedua telapak tangan di atas matras hingga tubuh Anda berpose menyerupai kucing.

Angkat kepala, dada, dan punggung ke atas seraya menarik napas. Sebaliknya, turunkan kepala, dada, dan punggung seraya mengembuskan napas. Lakukan gerakan ini selama 1-3 menit.

3. Dog Down
Pose Beberapa rasa nyeri pada punggung bawah disebabkan oleh ketegangan pada kaki. Pose ini menjadi gerakan yang tepat untuk meregangkan bagian paha belakang dan betis.

Mulai gerakan ini dari child pose. Letakkan kedua telapak tangan Anda di matras dan dorong bokong serta punggung Anda ke atas.

Usahakan agar kaki memanjang dan lurus. Namun, jika terasa terlalu menyakitkan, Anda bisa sedikit menekuknya. Lakukan pose ini selama 1-3 menit.

[Gambas:Video CNN]

(asr/asr)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2PCj6gd

March 01, 2020 at 08:51AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mengatasi Nyeri Punggung Bawah dengan Yoga"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.