Cara Memanaskan Mesin di Pagi Hari Sebelum Dipakai

Jakarta, CNN Indonesia -- Pertanyaan: Apakah perlu mesin mobil harus dipanaskan di pagi hari sebelum digunakan?

@chaidir_dirr

Mesin memiliki apa yang disebut dengan 'suhu kerja', yaitu di saat suhu mesin akan bekerja secara normal. Karena itu mesin sebaiknya dilakukan pemanasan saat mesin masih dingin atau baru dinyalakan.

Di bagian mesin adalah komponen thermostart. Fungsi dari komponen ini adalah menutup sirkulasi air radiator saat suhu mesin belum mencapai suhu kerja yaitu agar suhu mesin bisa lebih cepat mencapai titik tersebut.

Ada cara yang dapat dilakukan untuk memanaskan mesin agar lebih efisien, yaitu setelah mesin menyala meski dalam hitungan detik, mobil sudah dapat digerakkan.

Sebaiknya mobil digunakan secara perlahan-lahan untuk mencapai suhu kerja. Suhu kerja yang dimaksud dapat dilihat dari indikator jarum temperatur mesin kendaraan. Setelah suhu mesin yang diinginkan didapat, baru gunakan kendaraan secara normal.

Ada keuntungan dari cara ini, yaitu bisa lebih menghemat bahan bakar karena mesin mobil dipanaskan sambil dikendarai.

Provis - Tangerang, Banten (IG Provisautolab)

CNNIndonesia.com mempersilakan Anda menanyakan soal problem kendaraan roda empat dan roda dua, dan akan dijawab oleh praktisi otomotif yang berpengalaman puluhan tahun.

Jawaban akan tayang setiap hari Minggu di rubrik Konsultasi Otomotif. Yuk, tulis pertanyaanmu di kolom komentar media sosial CNNIndonesia. (mik)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2Tw5zrE

March 01, 2020 at 10:00AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cara Memanaskan Mesin di Pagi Hari Sebelum Dipakai"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.