Kisah Tukang Kebun 'Ninja' di Angkor Wat

Jakarta, CNN Indonesia --

Memanjat tangga di puncak menara yang menjulang dari keajaiban arkeologi Angkor Wat di Kamboja, Chhoeurm Cobalah dengan hati-hati menghitung skala bagian luar kuil untuk memotong dedaunan demi menghindari merusak fasad kuno.

Pria berusia 50 tahun itu adalah anggota dari tim tukang kebun yang memastikan situs warisan kerajaan yang paling berharga tidak dikepung oleh tunas pohon muda yang menjalar dari retakan batu pasir.

Selama dua dekade, Chhoeurm Try telah melakukan pendakian berbahaya tanpa alas kaki ke menara pusat Angkor Wat, yang menjulang setinggi 65 meter di atas kompleks arkeologi di kota utara Siem Reap.


"Jika kami melakukan kesalahan, kami tidak akan selamat," katanya kepada AFP setelah turun dari tangga.

Tapi dia terus memberanikan diri setiap hari, sadar bahwa perjuangan untuk meretas akar yang kuat adalah pertempuran yang berkelanjutan melawan alam.

"Saat pohon muda tumbuh lebih besar, akarnya akan masuk ke dalam dan menyebabkan bebatuan roboh," katanya.

Melestarikan puluhan candi di Taman Arkeologi Angkor adalah pekerjaan yang rumit sepanjang tahun yang dilakukan oleh tim beranggotakan 30 orang.

Situs warisan dunia ini berisi monumen yang berasal dari abad ke-9 hingga ke-15, dan merupakan tujuan wisata paling populer di Kamboja sebelum pandemi virus korona menguasai perjalanan global.

"Kami mencintai dan ingin melestarikan kuil," kata Chhoeurm Try. "Jika kita tidak melestarikannya ... generasi muda tidak akan mendapat kesempatan untuk melihatnya."

Tidak ada perlengkapan pengaman

Dengan hanya helm keselamatan biru sebagai satu-satunya peralatan keselamatan, tim pemelihara kebun terbiasa melakukan tugas mereka di bawah pengawasan turis yang berkunjung.

"Ketika turis lokal dan internasional melihat teknik kami memanjat kuil, itu tampak menakutkan bagi mereka dan mereka mengira sangat berbahaya," kata ketua tim Ngin Thy.

Tetapi menggunakan tali atau peralatan panjat tidak mungkin dilakukan, karena dapat merusak susunan batu yang rapuh, sementara perancah akan membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk dibangun dan ditarik.

"Itu malah bisa menimbulkan masalah bagi mereka," kata Ngin Thy kepada AFP. "Lebih aman bagi mereka hanya membawa gunting dan langsung menuju pohon muda."

This picture taken on March 5, 2020 shows an aerial view of Angkor Wat temple in Siem Reap province. - The deadly COVID-19 novel coronavirus epidemic will cost world tourism at least $22 billion owing to a drop in spending by Chinese tourists, the head of the World Travel and Tourism Council said on February 27. (Photo by TANG CHHIN Sothy / AFP)Angkor Wat. (AFP/TANG CHHIN SOTHY)

Ada juga bagian sempit di kuil yang mengharuskan pekerja untuk merangkak melewatinya, menavigasi jalan mereka di sekitar patung yang menonjol karena mereka berusaha untuk tidak bersentuhan dengan jalur yang tidak perlu.

"Di kuil dengan susunan batu bata, pekerjaannya bahkan lebih sulit," kata Chhourm Try, menceritakan tentang nyaris meleset beberapa tahun yang lalu ketika sebuah batu bata menimpa kepalanya dan helmnya pecah menjadi dua.

Beberapa turis lokal dan biksu Buddha menatap dengan kagum teknik yang dilakukan tim pemelihara kebun.

"Mereka sangat berani," kata turis Roth Veasna, menahan napas saat melihat seorang pekerja menaiki tangga saat rekan-rekannya mencengkeramnya dengan erat.

Liar sekali, terawat sekarang

Membiarkan kuil tidak terawat dapat mengembalikan pemandangan yang pernah dialami oleh naturalis dan penjelajah Prancis Henri Mouhot pada tahun 1860-an ketika dia menemukan situs tersebut secara kebetulan.

Situs ini telah ditinggalkan selama berabad-abad, sehingga batu dan ukiran kuno tersembunyi di bawah lebatnya hutan.

"Situs ini lebih agung dari apa pun yang pernah dibuat Yunani atau Roma," tulis Mouhot dalam jurnal perjalanannya, yang membantu mempopulerkan Angkor Wat ke dunia Barat sebagai situs arkeologi penting.

Saat ini, pejabat Otoritas Apsara - badan pemerintah yang mengelola situs - mengatakan bahwa mereka sedang mencari zat cair untuk menghilangkan pertumbuhan akar, guna mengurangi risiko bagi para tukang kebun.

Tapi "kami perlu bereksperimen dulu karena kami khawatir itu juga bisa merusak batu saat kami menuangkannya ke akarnya," kata wakil direktur Kim Sothin.

"Jika kita bisa menggunakannya, itu akan mengurangi beban mereka."

Hingga saat ini, perawatan Angkor Wat masih diserahkan kepada tim pemelihara kebun.

"Orang lain tidak ingin melakukan pekerjaan ini karena berisiko," kata Oeurm Amatak,pria berusia 21 tahun bergabung dengan tim sejak setahun lalu.

Sebagai pekerja magang, dia belum berani memanjat semua kuil dan keahliannya berkembang di bawah bimbingan rekan-rekannya yang lebih berpengalaman.

"Anda benar-benar harus menyukainya, pekerjaan ini bukan untuk semua orang," katanya.

(AFP/ard)

[Gambas:Video CNN]

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/32jcPMI

November 07, 2020 at 10:17AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kisah Tukang Kebun 'Ninja' di Angkor Wat"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.