Mengenal Plasa Kudus, Mal Terbakar yang Laku Dijual Rp2,74 M

Jakarta, CNN Indonesia --

Bangunan Plasa Kudus di Jawa Tengah laku dilelang seharga Rp2,74 miliar. Harga jual mal itu lebih tinggi dari harga penawaran lelang yang dibuka mulai Rp512 juta.

Dilansir dari berbagai sumber, bangunan Plasa Kudus sendiri bukanlah bangunan utuh. Pasalnya, pusat perbelanjaan terbesar di Kudus itu terbakar pada 22 Februari 2018 lalu.

Bangunan tersebut merupakan aset Pemerintah Kabupaten Kudus yang dibangun pada 1989 silam di atas lahan seluas 14.734 meter persegi. Pemerintah Kabupaten Kudus melakukan lelang dalam rangka penghapusan aset.


Pada Maret 2018 lalu, hasil uji laboratorium forensik (labfor) mengungkapkan penyebab kebakaran Plasa Kudus tersebut adalah arus pendek atau korsleting arus listrik.

Saat ini, sisa bangunan yang terbakar sudah dimenangkan oleh Herry Budianto Pratama asal Jakarta Utara dalam lelang yang berlangsung pada 5-7 Desember 2020 lalu. Kepala Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kudu Eko Djumartono menjelaskan pemenang lelang akan mendapatkan semua barang dari perobohan bangunan tersebut, mulai dari eskalator hingga rangka baja.

"Sebagai jaminan pelaksanaan pembongkaran bangunan, pemenang lelang wajib membayar uang jaminan Rp250 juta yang harus disetor sebelum 15 Desember," jelasnya dikutip dari Antara, Kamis (10/12).

Selain itu, pemenang lelang harus membayar jaminan kebersihan usai perobohan bangunan sebesar Rp25 juta. Uang ini nantinya dikembalikan setelah lokasi rata dengan tanah.

[Gambas:Video CNN]

Pembongkaran bangunan ditargetkan rampung sebelum 21 Februari 2020. Apabila lewat dari tenggat waktu, maka pemenang lelang terancam denda.

Eko menuturkan lelang Plasa Kudus diikuti 28 peserta dengan nilai penawaran bervariasi.

"Penawaran terendah sebesar Rp757 juta, sedangkan penawaran di atas Rp2,7 miliar ada tiga penawar," ujarnya.

(ulf/sfr)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/3qKPO03

December 10, 2020 at 10:15AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mengenal Plasa Kudus, Mal Terbakar yang Laku Dijual Rp2,74 M"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.