NASA Sematkan Nama Rolling Stones untuk Batuan di Mars

Jakarta, CNN Indonesia -- Badan Luar Angkasa Amerika Serikat (NASA) memperkenalkan batuan yang ditemukan di Mars. Melibatkan Robert Downey Jr., NASA mengumumkan pemilihan nama Rolling Stones untuk batuan tersebut.

"Saya memiliki teka-teki yang harus dibagikan, apa hubungannya batu-batu yang berguling, NASA, dan Rose Bowl, dan planet yang berkuasa dari tanda lahir saya. Anda tidak harus menunggu karena akan terungkap malam ini," ucap 'Iron Man' saat berbicara di atas panggung di Pasadena, AS sebelum Rolling Stones memulai konser.

Batu 'Rolling Stones' memiliki ukuran sedikit lebih besar dari bola golf dan terus berguling sekitar 1 meter pada 26 November 2018 karena terdorong saat rover InSight mendarat di Mars.

Situs resmi NASA mencatat InSight turut mengabadikan gambar batuan dalam video yang menunjukkan visualisasi pendaratan InSight dan batu 'Rolling Stones' yang ikut terguling. Dalam video tersebut juga terdapat gambar asli batu yang tertangkap kamera InSight. 

Ahli geologi Jet Propulsion Laboratory NASA, Matt Golombek mengatakan jika ia dan ilmuwan lain telah menghitung batuan dan menilai aspek keamanan lokasi pendaratan InSight kala itu.

"Saya telah melihat banyak batuan Mars selama karier saya. Yang ini mungkin tidak akan ada di banyak karya ilmiah, tapi pasti salah satu yang paling keren," terang Golombek.

Tim ilmuwan NASA mengaku memilih nama band yang digawangi Mick Jagger, Keith Richards, Charlie Watts dan Ronnie Wood itu untuk menghormati eksistensi band legendaris tersebut di jagat hiburan. Kendati demikian, tim ilmuwan belum menentukan nama ilmiah untuk 'Rolling Stones'.

[Gambas:Youtube] (ndn/evn)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2Zs8SFA

August 27, 2019 at 02:15PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "NASA Sematkan Nama Rolling Stones untuk Batuan di Mars"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.