Ini akan jadi kotak hitam pertama di dunia yang bisa mengirimkan data secara langsung. Selain itu, kapasitas penyimpanan data kotak hitam ini juga akan ditingkatkan, seperti disebutkan divisi perusahaan teknologi yang bergerak di industri kedirgantaraan.
"(Kotak hitam ini) menjanjikan keuntungan bagi para penyelidik karena bisa memberikan informasi awal mengenai penyebab kecelakaan," jelas konsultan keselamatan penerbangan Bill Voss kepada The Wall Street Journal, seperti dikutip Fortune.
Kotak hitam memegang peranan penting sebagai sumber data ketika terjadi masalah pada pesawat. Sebab kotak ini mengumpulkan informasi dari berbagai sumber mesin pesawat secara pasif ketika penerbangan dilakukan.
Misteri kecelakaan pesawat terbang seringkali sulit terungkap lantaran sulitnya menemukan kotak hitam. Pada kecelakaan Air France 447 di Samudra Atlantik, kotak hitamnya tak ditemukan hingga dua tahun kemudian setelah mengeluarkan dana US$40 juta untuk melakukan pencarian di samudra itu, seperti dilaporkan CNN.
Kecelakaan pesawat Malaysia Airlines MH370 pada Maret 2014 lalu pun tetap menjadi misteri hingga saat ini lantaran jejak pesawat itu tal terdeteksi dan kotak hitamnya tak pernah ditemukan. Ha ini membuat anggota keluarga dari 239 penumpang dan kru terombang-ambing tanpa kepastian.
Pembaruan teknologi kotak hitam telah menjadi perbincangan publik sejak bertahun-tahun. Publik bertanya-tanya mengapa mereka kini sudah bisa menggunakan WiFi di pesawat, tapi kotak hitam tak kunjung punya kemampuan itu.
"Kebutuhan perekam suara kokpit (Cockpit Voice Recorder) dan perekam data penerbangan (Flight Data Recorders) yang terpercaya tak bisa dihindarkan," jelas Ben Driggs, Honeywell's president of services and connectivity.
Kedua fungsi perekaman CVR dan FDR inilah yang dikenal sebagai kotak hitam. Honeywell menyebut akan mengeluarkan tiga varian untuk produknya, perekam online CVR, FDR, atau gabungan keduanya.
Honeywell bekerjasama dengan pembuat kotak hitam Curtiss-Write, "untuk merancang dan mengembangkan perekam generasi baru yang bisa memanfaatkan keahlian hardware dan software kami untuk membuat perekam yang bekerja 25 jam untuk menyediakan informasi yang tepat dan tersedia bagi operator pesawat terbang ketika dibutuhkan."
Curtiss-Write akan mengembangkan perangkat keras kotak hitam, sementara Honeywell membuat software agar perangkat itu bisa mengirimkan data secara langsung (real time), seperti dilansir BusinessWire.
Saat ini masih ada perdebatan di antara ahli kedirgantaraan soal keuntungan data penerbangan yang dialirkan (streaming) dibanding data fisik yang dipasang dan bisa dilepas dari ekor pesawat dan mengambang di laut ketika terjadi kecelakaan. (eks/age)
http://bit.ly/2WRVFS9
February 10, 2019 at 07:14PM
Bagikan Berita Ini
0 Response to "Kotak Hitam Anyar Bisa Langsung 'Streaming' Data Pesawat"
Posting Komentar