Al Khaththath Kerahkan Massa FUI Apel Siaga di KPU Besok

Jakarta, CNN Indonesia -- Forum Umat Islam (FUI) bakal menggelar aksi Apel Siaga Umat di depan kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Jumat (1/3) besok. Apel diklaim sebagai bentuk dukungan ormas dan lembaga Islam yang tergabung dalam FUI jelang pelaksanaan Pemilu 2019.

Sekretaris Jenderal FUI, Al Khaththath mengatakan dalam apel tersebut pihaknya akan menyampaikan sejumlah hal terkait penyelenggaran pemilu kepada para komisioner KPU.

"Pertama, umat Islam yang ikut apel siaga ini insyaallah siap mengikuti agenda pemilu 17 April 2019 dengan hati bersih dan sesuai arahan ulama dalam hasil itjimak ulama GNPF di Jakarta," ujar Al Khaththath dalam konferensi pers di Masjid Baiturrahman, Jakarta, Kamis (28/2).

Hasil itjimak ulama GNPF saat itu adalah pernyataan dukungan terhadap pasangan capres cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.


Selain hasil itjimak ulama GNPF, Al Khaththath juga merujuk pada itjimak ulama Komisi Fatwa 2009 di Padang Panjang tentang pemilu. Salah satu isi komisi fatwa itu menjelaskan tentang kewajiban memilih pemimpin yang beriman dan bertakwa, jujur (shiddiq), tepercaya (amanah), aktif dan aspiratif (tabligh), mempunyai kemampuan (fathonah), dan memperjuangkan kepentingan umat Islam.

Dalam apel siaga tersebut, ia juga akan menyampaikan tuntutan pada KPU sebagai penyelenggara pemilu agar mewujudkan pemilu yang bersih, jujur, adil, dan tanpa kecurangan.

"Kemudian yang terakhir, umat Islam menuntut partai, caleg, capres sebagai peserta pemilu serta Bawaslu, panwaslu sebagai pengawas, maupun aparat keamanan semuanya, bertekad mengikuti pemilu dengan mewujudkan pemilu yang bersih, jujur, adil, tanpa kecurangan," katanya.


Tekad ini, lanjutnya, dinilai penting untuk mewujudkan kepemimpinan nasional yang kuat dan mampu memikul beban amanat penderitaan rakyat. Al Khaththath mengimbau agar seluruh anggota FUI turut menggelar apel siaga umat di KPU daerah.

"Kita semua bertekad mewujudkan pemerintahan dan wakil rakyat yang baru periode 2019-2024 yang benar-benar mampu membuat NKRI berkah, aman, sentosa, baldatun thayyibatun warabbun ghoffur," tuturnya.

[Gambas:Video CNN] (psp/ain)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2H7ds2i

March 01, 2019 at 12:27AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Al Khaththath Kerahkan Massa FUI Apel Siaga di KPU Besok"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.