Pilkada Bengkulu, Pertarungan Adik Zulhas dan Cagub Petahana

Jakarta, CNN Indonesia --

Dua pasangan calon bakal berkontestasi di Pilkada Provinsi Bengkulu 2020 usai dinyatakan memenuhi syarat oleh KPU. Mereka adalah Helmi Hasan-Muslihan Diding Soetrisno dan Rohidin Mersyah-Rosjonsyah.

Helmi Hasan merupakan adik Ketua Umum PAN yang juga Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan.

Lawan Helmi adalah Rohidin yang saat ini masih menjabat sebagai Gubernur Bengkulu. Dengan kata lain, Rohidin adalah calon petahana.


Helmi-Muslihan

Helmi saat ini adalah Wali Kota Bengkulu dua periode sejak 2013. Saat ini dia masih menjabat sebagai wali kota, tetapi mengambil cuti di masa kampanye.

Helmi adalah adik dari Wakil Ketua MPR yang juga Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

Helmi memulai karir politiknya sejak 2004 saat terpilih menjadi Anggota DPRD Kota Bengkulu. Pada 2009, ia terpilih menjadi anggota DPRD Provinsi Bengkulu.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan bersama Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais saat perayaan milad ke-21 PAN di kolong tol Pluit. Jakarta, Jumat, 23 Agustus 2019Adik Zulkifli Hasan, yakni Helmi Hasan maju sebagai calon gubernur di Pilkad Bengkulu 2020 (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Wakil Helmi, yaitu Muslihan Diding Sutrisno adalah politikus berlatar belakang militer dengan pangkat terakhir letnan kolonel TNI AD.

Muslihan pernah menjabat sebagai Bupati Bengkulu Utara periode 2001-2006. Politikus partai Hanura itu pun pernah menjadi Bupati Rejang Lebong periode 1994-1999.

Paslon Helmi-Muslihan resmi bakal maju di Pilgub Bengkulu setelah mendapat dukungan dari tiga partai koalisi DPRD. Ketiga partai adalah PAN, Hanura, dan Nasdem dengan total 10 kursi.

Gubernur dan Wakil Terpilih Bengkulu, Dr. H. Ridwan Mukti, M.H. (kiri) dan Dr. H. Rohidin Mersyah, M.M. tiba di Istana Merdeka, Jumat, 12 Februari 2016. Ketujuh pasang Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih ini akan dilantik langsung oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jumat, 12 Februari 2016. CNN Indonesia/Safir MakkiGubernur Bengkulu Rohidin Mersyah (kanan) maju kembali sebagai calon petahana di Pilkada 2020 (CNN Indonesia/Safir Makki)

Rohidin-Rosjansyah

Rohidin adalah calon petahana yang saat ini masih menjabat sebagai Gubernur Bengkulu sejak 2018 lalu. Sebelumnya dia merupakan Wakil Gubernur, lalu naik takhta menggantikan Ridwan Mukti yang tersangkut kasus korupsi.

Rohidin adalah politikus Partai Golkar. Pernah menjabat wakil bupati Bengkulu periode 2010-2015.

Sementara Rosjansyah adalah bupati Rejang Lebong. Dia menjabat dua periode, yaitu pada 2010-2015 dan 2016-2021.

Rohidin-Rosjansyah resmi maju di Pilgub Bengkulu setelah mendapat dukungan dari lima partai di parlemen dengan total 23 kursi. Kelima partai itu adalah Golkar, PDIP, PKS, PPP, dan Demokrat.

(thr/bmw)

[Gambas:Video CNN]

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2GoeWr1

October 03, 2020 at 08:13AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pilkada Bengkulu, Pertarungan Adik Zulhas dan Cagub Petahana"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.