Kim Jong-un: Korut Luncurkan Rudal untuk Peringati AS-Korsel

Jakarta, CNN Indonesia -- Pemimpin Tertinggi Kim Jong-un mengatakan bahwa peluncuran rudal yang dilakukan Korea Utara pada Selasa (6/8) merupakan bentuk peringatan bagi Amerika Serikat dan Korea Selatan.

Melalui pernyataan yang dilansir di kantor berita pemerintah, KCNA, Korut menyatakan bahwa Kim mengirimkan peringatan itu agar AS dan Korsel menghentikan latihan militer gabungan.

"Kim Jong-un menyatakan bahwa tindakan militer merupakan cara untuk mengirimkan pesan dan peringatan keras terhadap latihan militer gabungan yang sedang berlangsung antara otoritas AS dan Korsel," demikian pemberitaan KCNA yang dikutip AFP, Rabu (7/8).

Dalam pemberitaan itu, Kim juga dilaporkan mengatakan bahwa proyektil yang ditembakkan pada Selasa tersebut adalah "rudal taktis jenis baru yang memenuhi kapasitas untuk berperang."

Proyektil ini bukan amunisi canggih pertama yang dilontarkan Korut dalam beberapa bulan belakangan.

Sebelumnya, Korut juga menembakkan sejumlah peluru kendali yang memicu peningkatan ketegangan di kawasan, membuat sejumlah pihak khawatir akan kelanjutan negosiasi denuklirisasi.

Korut sendiri tetap membuka pintu negosiasi perlucutan senjata nuklir dengan Amerika Serikat yang sampai saat ini masih mandek.

Namun, Korut mengancam bakal terus melakukan uji coba nuklir jika AS dan Korsel tak menghentikan latihan militer gabungan.

Menurut Korut, perundingan denuklirisasi tak dapat berjalan beriringan dengan latihan militer. Selama ini, Korut menganggap latihan gabungan AS-Korsel tersebut sebagai upaya untuk menginvasi negaranya.

[Gambas:Video CNN]

Setelah pertemuan pertama Kim Jong-un dan Presiden Donald Trump di Singapura tahun lalu, AS sempat menghentikan latihan militer dengan Korsel agar perundingan berjalan mulus.

Meski demikian, sejak pertemuan pertama itu, hubungan AS dan Korut terus mengalami pasang surut. Relasi kian terpuruk setelah pertemuan kedua Kim dan Trump di Hanoi berakhir tanpa kesepakatan apa pun.

Di tengah ketidakpastian tersebut, Trump tetap ingin menghidupkan perundingan. Ia pun mengajak Kim bertemu di perbatasan Korsel dan Korut pada akhir Juni lalu.

Dalam pertemuan tersebut, kedua pemimpin sepakat melanjutkan perundingan denuklirisasi. Namun kemudian, AS tetap menggelar latihan gabungan dengan Korsel. (has)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2YuUtsn

August 07, 2019 at 02:15PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kim Jong-un: Korut Luncurkan Rudal untuk Peringati AS-Korsel"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.