3 Cara Cegah Kulit Tangan Kering Karna Keseringan Cuci Tangan

Jakarta, CNN Indonesia --

Memakai masker, menjaga jarak, sampai mencuci tangan sampai memakai hand sanitizer wajib dilakukan demi terbebas dari infeksi virus corona. Sanitasi tangan kita setiap saat dan menjaga jarak sosial adalah dua tindakan pencegahan penting untuk menjaga keamanan semua orang.

Tak dimungkiri, meski langkah ini baik dilakukan, terlalu sering cuci tangan atau memakai hand sanitizer ini juga menimbulkan beberapa masalah kulit, misalnya kulit kering dan kasar.

Demi mencegah kulit kering karena terlalu sering cuci tangan, Anda bisa melakukan beberapa hal mudah berikut ini.


1. Aloe vera

Aloe vera atau gel lidah buaya masih jadi favorit banyak orang untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Dikemas dengan nutrisi, lidah buaya menenangkan dan melembabkan kulit. Ini membantu untuk menjaga tangan Anda tetap lembut dan kulit Anda cantik.

Oleskan gel lidah buaya di tangan Anda. Gosokkan kedua tangan Anda untuk memijat gel lidah buaya ke kulit Anda. ni akan terserap seluruhnya ke dalam kulit Anda dalam beberapa menit. Gunakan obat ini beberapa kali sehari, setiap kali Anda merasa tangan Anda mulai kering.

2. Minyak kelapa

Mengutip Boldsky, minyak kelapa terbukti menjadi bahan yang bagus untuk melembabkan kulit. Minyak ini memiliki sifat emolien yang sangat baik yang mengunci kelembapan di kulit Anda.

Tuangkan beberapa tetes minyak kelapa ke tangan Anda. Gosokkan kedua tangan Anda untuk menyebarkan minyak ke seluruh tangan Anda. Pijatkan minyak ke tangan Anda sampai benar-benar terserap oleh kulit. Diamkan beberapa saat. Gunakan minyak ini ini beberapa kali sehari, setiap kali Anda merasa tangan Anda mulai kering.

3. Madu

Madu mungkin adalah obat pelembab alami yang paling banyak digunakan. Berbagai penelitian telah membuktikan khasiat melembabkan dan menyembuhkan dari madu.

Madu adalah humektan yang menarik kelembapan ke kulit, membuatnya cantik dan terhidrasi. Selain itu, ini juga sangat bermanfaat dalam meremajakan kulit dan menambah kilau alami. Oleskan madu ke seluruh tangan Anda. Pijatkan ke kulit selama beberapa menit. Biarkan selama 10-15 menit. Bilas nanti menggunakan air biasa. Gunakan cara ini setiap hari untuk mendapatkan tangan yang lembut dan terhidrasi.

Trik agar tangan tetap lembut dan lembap

1. Waktu terbaik untuk melembapkan tangan dan melembutkannya adalah saat tangan Anda masih lembap dan lembut. Artinya, jangan tunggu tangan sudah jadi kering baru dirawat.

Cute little girl and her mother are washing hands under running water.Foto: iStockphoto/Choreograph
ilustrasi cuci tangan

Ketika tangan masih lembap dan lembut, pelembap akan terserap lebih baik ke dalam kulit dan menjaga tangan Anda tetap terhidrasi dengan baik.

2. Pakai pelembap setelah mandi. Pakailah body lotion dan pelembap Anda saat tubuh Anda masih basah. Ini juga akan menghemat banyak produk.

3. Jangan mencuci tangan dengan air hangat atau panas. Air panas menghilangkan minyak alami dan kelembapan rambut Anda, membuatnya kusam dan kering. Selalu gunakan air dingin atau sedikit hangat untuk mencuci tangan Anda.

4. Sering mencuci tangan dan menggunakan pembersih berbasis alkohol memperburuk keadaan.

5. Penting untuk mengenakan sarung tangan saat melakukan pekerjaan rumah jika Anda sudah memiliki kulit kering. Sabun dan deterjen pencuci piring mengandung bahan kimia keras yang dapat membuat tangan Anda kering dan kasar.

(chs)

[Gambas:Video CNN]

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2TFDxL7

October 27, 2020 at 08:15AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "3 Cara Cegah Kulit Tangan Kering Karna Keseringan Cuci Tangan"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.