Produksi Suzuki Jimny di Indonesia Terkendala Pandemi

Jakarta, CNN Indonesia --

Suzuki Indomobil Sales (SIS) divisi roda empat sejauh ini belum mendapat lampu hijau mengenai rencana produksi lokal Jimny. Walau begitu SIS menyampaikan harapan menjadikan Indonesia produsen Jimny belum pupus.

Direktur Pemasaran SIS divisi roda empat Donny Saputra menjelaskan saat ini prinsipal cukup sulit membuat keputusan terkait investasi mengingat pandemi Covid-19 belum usai.

Penjualan mobil Suzuki di Indonesia diketahui terkena hempasan pandemi. Sejauh ini, sama seperti dialami merek mobil lain, performa penjualan belum pulih.


Mengutip data retail atau penjualan dari dealer ke konsumen milik Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan Suzuki pada Januari hingga November hanya 63.884 unit. Angka itu turun 30,9 persen dari periode yang sama 2019 sebanyak 92.464 unit.

"Dengan kondisi seperti ini memutuskan rencana investasi kan agak susah," kata Donny saat dihubungi CNNIndonesia.com, Senin (21/12).

Donny mengatakan hal terpenting bagi perusahaan saat ini membuat penjualan pulih seperti masa sebelum pandemi meluas di Indonesia.

"Yang penting recovery dulu," ungkap dia.

Menunggu Prinsipal

Donny juga mengatakan Jimny rakitan lokal statusnya masih menunggu keputusan dari prinsipal di Jepang dan hasil studi terkait hal tersebut.

"Seperti Pak Itayama (Presdir Suzuki) sampaikan belum lama ini, saat ini tetap masih proses studi dan menunggu keputusan dari pusat," kata Donny.

Lebih lanjut Donny memastikan Indonesia masih punya peluang menjadi negara perakit Jimny. Donny juga tak mempermasalahkan santernya kabar bahwa India 'mencuri start' produksi SUV itu.

"Kalau kemungkinan ya memungkinkan karena kami kan juga punya fasilitas produksi dan kami juga propose ke prinsipal untuk bisa memproduksi sendiri," ucap dia.

Suzuki telah mengajukan ke prinsipal terkait niat memproduksi Jimny sejak 2018. Jimny saat ini hanya diproduksi di pabrik di Shizuoka, Jepang untuk memenuhi seluruh permintaan global. Namun kapasitas produksi di sana tak cukup lantaran permintaan global terus meningkat.

Sebelumnya, Suzuki dilaporkan telah memulai memproduksi Jimny di India menjelang peluncurannya pada 2021.

Autocarindia.com memberitakan sebanyak 50 unit disebut dirakit di pabrik Suzuki di Gurugam yang komponennya didatangkan dari Jepang.

(ryh/fea)

[Gambas:Video CNN]

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/34Au25t

December 22, 2020 at 09:11AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Produksi Suzuki Jimny di Indonesia Terkendala Pandemi"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.