Di Balik Listrik Padam Sebagian Jawa dan Skenario PLN

Jakarta, CNN Indonesia -- Listrik padam di sejumlah wilayah Jakarta dan sebagian Banten, Jawa Barat, serta Jawa Tengah, pada Minggu (4/8). Bahkan beberapa wilayah masih padam hingga Senin (5/8) pagi.

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN menjelaskan penyebab pemadaman listrik karena ada gangguan pada sisi transmisi Ungaran dan Pemalang 500 kV. Hal ini mengakibatkan transfer energi dari timur ke barat mengalami kegagalan.

Akibatnya, seluruh pembangkit di sisi tengah dan barat Jawa mengalami gangguan (trip). Aliran listrik kemudian padam di wilayah Jabodetabek, sebagian Jawa Barat dan Jawa Tengah. Listrik padam di wilayah Jabodetabek sendiri terjadi mulai pukul 11.48 WIB.

Selain itu, pemadaman listrik di wilayah lainnya termasuk Jawa Barat disebabkan karena gangguan transmisi Sutet 500 kV. Area yang terdampak listrik padam ini antara lain Bandung, Bekasi, Cianjur, Cimahi, Cirebon, Garut, Karawang, Purwakarta, Majalaya, Sumedang, Tasikmalaya, Depok, Gunung Putri, Sukabumi, dan Bogor.


Hingga Minggu malam pukul 21.00 WIB, sedikitnya 19 Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) di Jakarta, Jabar, Jateng telah menyala.

Dengan pemulihan 19 gardu induk tersebut, aliran listrik di sejumlah wilayah Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, dan Jakarta Utara diklaim kembali normal. Begitu pula aliran listrik di wilayah Jawa Barat dan Banten juga diklaim kembali normal dengan dinyalakannya 19 GITET tersebut.

Pelaksana Tugas Direktur Utama PLN Sripeni Inten Cahyani mengatakan pemulihan aliran listrik ini tidak bisa dilakukan secara bersamaan dan serentak di seluruh wilayah. Namun pihaknya akan tetap melakukan upaya pemulihan secara bertahap.

"Proses pemulihan terus dilakukan, memang tidak bisa secara serentak langsung menyala, namun secara bertahap penormalan terus diupayakan dengan maksimal," ujar Cahyani.


"PLN mohon maaf untuk pemadaman yang terjadi dan akan terus memberikan update terkait kondisi di lapangan," tambahnya.

Pihaknya menepis dugaan sabotase dalam pemadaman listrik kali ini, apalagi berkaitan dengan politik. Dia menyatakan PLN akan melakukan investigasi menyeluruh terkait pemadaman listrik ini.

Cahyani mengatakan gangguan semata-mata hanya berkaitan dengan masalah teknis.

"Kami enggak melihat ini adanya satu yang bersifat politis atau sabotase," kata Cahyani saat konferensi pers di P2B Gandul, Depok, Minggu (4/8).

Cahyani sendiri baru menjabat sebagai Dirut PLN tiga hari lalu, menggantikan Djoko Raharjo Abumanan yang diangkat per 29 Mei 2019 lalu.

[Gambas:Video CNN] (pmg/gil)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2T4oLw6

August 05, 2019 at 02:11PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Di Balik Listrik Padam Sebagian Jawa dan Skenario PLN"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.