5 Hal yang Bisa Dipelajari dari 'Laga Perdana' Bundesliga

Jakarta, CNN Indonesia -- Bundesliga kembali bergulir, Sabtu (16/5), setelah ditangguhkan dua bulan lebih akibat pandemi virus corona. Berikut lima hal yang bisa dipelajari dari laga perdana Liga Jerman.

Sebanyak enam pertandingan rampung digelar. Derby antara Borussia Dortmund vs Schalke 04 di Stadion Signal Iduna Park, tentu jadi partai paling disorot.

Berstatus sebagai tuan rumah, Dortmund menang telak 4-0 atas Schalke. Raphael Guerreira memborong dua gol sementara sisanya masing-masing dicetak Erling Haaland dan Thorgan Hazard.
Di tempat terpisah, Borussia Monchengladbach menang 3-1 atas Eintracht Franfurt. Hertha Berlin juga sukses mengalahkan Hoffenheim 3-0, sementara RB Leipzig harus puas berbagi angka 1-1 lawan Freiburg.

Dari enam pertandingan Bundesliga, setidaknya ada beberapa hal yang bisa jadi pelajaran bagi kompetisi lain di Eropa yang ingin melanjutkan pertandingan sisa musim di masa pandemi corona.

Thorgan Hazard dan Erling Haaland melakukan tos dengan sikut tangan. (AP Photo/Martin Meissner)Thorgan Hazard dan Erling Haaland melakukan tos dengan sikut tangan. (AP Photo/Martin Meissner). (AP/Martin Meissner)
Pemain Cadangan Berjarak 2 Meter

Untuk memenuhi peraturan pemerintah terkait social distancing, pemain cadangan terpaksa duduk berjarak dua meter satu sama lain.

Selebrasi Berjarak

Dortmund telah menunjukkan cara melakukan selebrasi social distancing. Erling Haaland misalnya. Para pemain tidak ada yang melakukan pelukan dan tetap menjaga jarak ketika Haaland melakukan selebrasi gol. Para pemain juga menggunakan siku untuk melakukan tos.

Namun, tidak semua pemain sadar untuk menjaga jarak. Pemain Hertha Berlin, Dedryck Boyata, kelepasan dengan mencium rekan setimnya di saat jeda pertandingan.

Bersih dari Suporter

Stadion benar-benar steril suporter. Sorakan dan ejekan yang biasa datang dari tribune penonton, tak lagi terdengar.

Suasana pertandingan terbilang hening dan hanya terdengar teriakan pemain atau instruksi masing-masing pelatih yang berada di pinggir lapangan.

Rentan Cedera

Penangguhan kompetisi yang memakan waktu hampir dua bulan berdampak kepada kebugaran pemain. Sejumlah pemain sudah mulai kepayahan bahkan mengalami kram bahkan sebelum menit ke-70.

Hal ini yang membuat Bundesliga menerapkan lima pergantian pemain. Schalke 04 jadi klub pertama yang menggunakan lima pemainnya.


Strategi Wawancara

Wawancara juga diadakan dengan jarak aman. Media diminta menggunakan mikrofon yang dilengkapi tongkat panjang. Selain itu, staf pelatih dan juru kamera diwajibkan mengenakan masker untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

[Gambas:Video CNN] (jun)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/3cDtqOt

May 17, 2020 at 07:36AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "5 Hal yang Bisa Dipelajari dari 'Laga Perdana' Bundesliga"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.