Trump Tawarkan Bantuan Alat Medis ke Rusia untuk Lawan Corona

Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Amerika Serikat Donald Trump menawarkan alat medis ke Rusia untuk membantu memerangi virus corona.

Kremlin mengatakan hal itu diketahui dalam pembicaraan telepon antara Trump dan Presiden Vladimir Putin pada Kamis (7/5).

Kasus Covid-19 di Rusia melonjak drastis dalam dua pekan ini. Mereka mengalami masa suram penanganan virus corona dengan mengonfirmasi 177.160 ribu kasus dan 1.625 kematian. Jumlah penderita infeksi corona di Rusia bahkan mengalahkan China, Iran dan sejumlah negara Eropa yang lebih dulu terpapar parah.


Rusia juga mencapai rekor tertinggi dengan 11.231 kasus baru dalam satu hari pada Kami kemarin.

"Dalam membahas pandemi virus corona, penilaian positif diberikan untuk kerja sama bilateral, [kedua presiden] sepakat untuk lebih meningkatkan koordinasi ke arah ini," kata Kremlin seperti dikutip dari CNN.

Foto: CNN Indonesia/Fajrian

"Secara khusus, pihak Amerika menawarkan untuk mengirim sejumlah peralatan medis ke Rusia."

Wakil sekretaris pers Gedung Putih Judd Deere mengonfirmasi percakapan telepon antara Trump dan Putin tersebut.

Menurut dia, Trump menegaskan bahwa AS bekerja keras untuk merawat warganya sendiri dan juga siap memberikan bantuan kepada negara yang membutuhkan, termasuk Rusia.


"Rusia dan Amerika Serikat mampu mencapai banyak hal dalam memecahkan masalah mendesak, seperti memastikan stabilitas strategis, memerangi terorisme, menyelesaikan konflik regional, dan melawan epidemi," kata Kremlin menambahkan

Pada awal April, Rusia juga telah mengirimkan peralatan medis ke AS untuk membantu mengatasi serangan virus corona.

Hubungan Rusia dan AS beberapa waktu belakangan ini sedikit retak akibat sanksi terhadap Moskow atas tindakan di Ukraina. Hubungan Rusia dan AS sempat berada di titik rendah pascaperang dingin. Kedua negara juga bersaing dalam pengembangan senjata


Selain ke AS, Rusia juga membantu Italia dalam menangani corona. Rusia mengirimkan ratusan pakar virus dan petugas medis ke Negeri Pizza itu. (dea)

[Gambas:Video CNN]

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/3cgxC6F

May 08, 2020 at 08:05AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Trump Tawarkan Bantuan Alat Medis ke Rusia untuk Lawan Corona"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.