Doa Katolik Komuni Batin Santo Alfonsus Liguori

Jakarta, CNN Indonesia --

Sejak perayaan Ekaristi harus dilakukan secara virtual, umat Kristiani khususnya Katolik tak bisa menerima komuni. Sebagai ganti komuni fisik, doa komuni batin dari Santo Alfonsus Liguori pun selalu diucapkan.

Berikut Doa Komuni Batin dari Santo Alfonsus Liguori:

Yesusku, aku percaya bahwa Engkau hadir dalam Sakramen Mahakudus.

Aku mengasihi-Mu melebihi segala sesuatu,dan aku merindukan Engkau dalam seluruh jiwaku.


Karena aku tidak dapat menerima-Mu secara sakramental saat ini, maka datanglah ya Tuhan sekurang-kurangnya secara rohani dalam hatiku, meskipun Engkau selalu telah datang. Aku memeluk-Mu dan ingin mempersatukan seluruh diriku seutuhnya dengan-Mu,dan jangan izinkan aku terpisah dari-Mu. Amin.

Siapa Santo Alfonsus Liguori?

Mengutip Catholic.org, Santo Alfonsus Liguori adalah seorang uskup dan pendiri kongregasi redemptorist. Nama lahirnya adalah Alphonsus Marie Antony John Cosmos Damien Michael Gaspard de Liguori pada tanggal 27 September 1696, di Marianella, dekat Napoli, Italia.

Dia dibesarkan di sebuah keluarga Katolik yang taat. Alphonsus adalah anak tertua dari tujuh bersaudara, dibesarkan oleh seorang ibu yang taat keturunan Spanyol. Dididik di Universitas Naples, Alphonsus menerima gelar doktor pada usia enam belas tahun.

ketika mengunjungi sebuah rumah sakit pada 28 Agustus 1723, dia mendapat sebuah penglihatan dan akhrinya mengabdikan hidupnya sebagai imam. Dia akhirnya setuju untuk menjadi imam tetapi tinggal di rumah sebagai anggota kelompok misionaris sekuler. Dia ditahbiskan pada tanggal 21 Desember 1726, dan dia menghabiskan enam tahun memberikan misi di seluruh Napoli.

Pada bulan April 1729, Alfonsus tinggal di "Chiflese College", yang didirikan di Naples oleh Pastor Matthew Ripa, Rasul Cina. Di sana ia bertemu dengan Uskup Thomas Falcoia, pendiri Kongregasi Pekerja saleh. Persahabatan seumur hidup ini membantu Alphonsus, begitu pula hubungannya dengan seorang mistikus, Suster Mary Celeste. Dengan bantuan mereka, Aiphonsus mendirikan Kongregasi Penebus Mahakudus pada 9 November 1732.

Selama tiga belas tahun Alphonsus memberi makan orang miskin, mengajar keluarga, menata ulang seminari dan rumah keagamaan, mengajar teologi, dan menulis. Pertapaannya sangat ketat, dan setiap hari ia menderita sakit rematik yang mulai merusak bentuk tubuhnya. Dia menghabiskan beberapa tahun harus minum dari tabung karena kepalanya sangat membungkuk. Serangan demam rematik, dari Mei 1768 hingga Juni 1769, membuatnya lumpuh. Namun, dia tidak diizinkan untuk mengundurkan diri dari tahtanya, sampai tahun 1775.

Pada tahun 1780, Alfonsus ditipu untuk menandatangani pengajuan persetujuan kerajaan dari jemaatnya. Pengajuan ini mengubah aturan aslinya, dan sebagai akibatnya Alphonsus ditolak otoritasnya di antara para Redemptoris. Digulingkan dan dikucilkan dari jemaatnya sendiri, Alfonsus menderita kesedihan yang luar biasa.

Tetapi dia mengatasi depresinya, dan dia mengalami penglihatan, melakukan mukjizat, dan memberikan nubuat. Dia meninggal dengan damai pada tanggal 1 Agustus 1787, di Nocera di Pagani, dekat Napoli saat Angelus berdering. Ia dibeatifikasi pada tahun 1816 dan dikanonisasi pada tahun 1839. Pada tahun 1871, Alfonsus dinyatakan sebagai Doktor Gereja oleh Paus Pius IX.

Dia adalah pelindung para bapa pengakuan, teolog moral, dan kerasulan awam. Dalam seni liturgi ia digambarkan membungkuk karena rematik atau sebagai pendeta muda.

(chs)

[Gambas:Video CNN]

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2VVuarP

December 06, 2020 at 09:09AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Doa Katolik Komuni Batin Santo Alfonsus Liguori"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.