Netflix Enggan Beri Label Khusus Fiksi ke The Crown

Jakarta, CNN Indonesia --

Netflix enggan memberikan label khusus "fiksi" ke drama The Crown sesuai dengan permintaan Inggris beberapa waktu lalu, usai musim keempat yang mengisahkan perkawinan Pangeran Charles dan Lady Diana tayang.

"Kami selalu menghadirkan The Crown sebagai sebuah drama, dan kami amat yakin setiap pelanggan kami mengerti itu adalah sebuah karya fiksi yang secara umum berdasarkan kisah sejarah," kata Netflix dalam sebuah pernyataan kepada Deadline dan dikutip Senin (7/12).

"Sebagai hasilnya, kami tak berencana, dan tak melihat pentingnya, penambahan label atau pernyataan khusus," lanjut pernyataan tersebut.


Pernyataan ini datang setelah pekan lalu, Pemerintah Inggris ingin serial The Crown memberikan keterangan jelas bahwa acara tersebut adalah fiksi semata, demi menghindari kerusakan citra keluarga Kerajaan Inggris.

"Itu adalah karya fiksi yang diproduksi dengan indah, jadi seperti produksi TV lainnya, hanya saja Netflix harusnya sangat jelas [soal karya fiksi] pada awalnya," kata Menteri Budaya, Oliver Dowden kepada The Mail pada Minggu (29/11).

"Tanpa [keterangan] itu, saya mengkhawatirkan generasi penonton yang tak hidup di masa tersebut akan salah mengira fiksi sebagai fakta," lanjutnya.

Dowden bahkan mengirim surat secara resmi kepada perusahaan streaming Amerika Serikat itu berisi permintaan penambahan "peringatan kesehatan" di awal setiap episodenya.

Dalam episode teranyar dari serial yang mengikuti kehidupan Ratu Elizabeth II dan keluarga dekatnya tersebut, kisah berputar di sekitar Pangeran Charles dan pernikahannya yang hancur dengan Putri Diana.

Pihak yang dekat dengan keluarga Kerajaan Inggris khawatir adegan fiksi dalam serial itu akan menyakiti monarki, terutama Charles sebagai pewaris takhta.

"Cukup menyeramkan cara [penulis skenario Peter] Morgan secara jelas menggunakan hiburan ringan untuk mendorong agenda republik yang sangat terbuka dan orang-orang tidak melihatnya," kata seorang teman Kerajaan Inggris yang tak disebut namanya kepada The Mail.

The Crown yang kini masuk musim keempat disebut Netflix berhasil menarik 70 juta penonton dari seluruh dunia.

(end)

[Gambas:Video CNN]

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/3lJoj36

December 07, 2020 at 07:15AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Netflix Enggan Beri Label Khusus Fiksi ke The Crown"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.