Kaisar Akihito Turun Takhta, Berharap Jepang Tetap Makmur

Jakarta, CNN Indonesia -- Kaisar JepangAkihito (85) resmi turun takhta setelah tiga dekade memimpin pada Selasa (30/4).

Dalam pernyataan terakhirnya sebagai kaisar, Akihito berharap kekaisaran selanjutnya yang dipimpin oleh sang anak, Putra Mahkota Naruhito, bisa membuat Jepang tetap makmur.

"Dengan ini, saya menyatakan tugas saya berakhir dan era baru yakni era Reiwa dimulai. Mulai esok, kita akan menghadapi hari yang baru. Kami berharap kekaisaran baru bisa terus membawa Jepang sebagai bangsa yang makmur dan bersama-sama menciptakan dunia yang damai bersama bangsa lainnya," tutur Akihito dalam pidato terakhirnya di Istana Kekaisaran Matsu no Ma.

Akihito mengenakan setelan jas hitam dalam upacara itu. Sang istri, Permaisuri Michiko, turut mendampingi Akihito dalam momen terakhirnya sebagai kaisar tersebut.

Sejumlah keluarga kekaisaran dan petinggi negara turut hadir dalam upacara tersebut. Mewakili rakyat Jepang, Perdana Menteri Shinzo Abe juga turut menyampaikan pernyataan terakhir bagi Akihito dalam prosesi tersebut.

Dalam pidatonya, Abe menuturkan ucapan terima kasih dan rasa cinta rakyat Jepang terhadap pengabdian Akihito dan Permaisuri Michiko selama ini.

Usai berpidato, Akihito turut menyerahkan tiga simbol kekaisaran yakni pedang, permata, dan cermin juga lencana.

Akihito merupakan kaisar Jepang pertama yang memutuskan turun takhta dalam dua abad terakhir.

Menjadi pemimpin monarki pertama yang dilantik setelah perang usai, Akihito dan istrinya pun disebut sebagai simbol pemulihan luka, rekonsiliasi, perdamaian, dan demokrasi Jepang.

Dengan upacara ini, era kekaisaran Akihito, era Heisei resmi berakhir.

Saat hari berganti, takhta kekaisaran akan bergulir ke tangan putranya, Putra Mahkota Naruhito.

[Gambas:Video CNN]

Naruhito bakal memulai era kekaisaran baru yang diberi nama Reiwa melalui sebuah upacara singkat pada Rabu (1/5). (rds/ayp)

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2UPa6UL

April 30, 2019 at 10:34PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kaisar Akihito Turun Takhta, Berharap Jepang Tetap Makmur"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.