Jelang May Day Jokowi Makan Siang Bareng Buruh 'Nike'

Tangerang, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo menyempatkan diri berkunjung sekaligus makan siang bersama dengan sekitar 14 ribu buruh PT KMK Global Sport 1, salah satu perusahaan yang memproduksi sepatu bermerek Nike di Indonesia. Kunjungan tersebut dilakukan tepat sehari sebelum peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day pada Rabu 1 Mei setiap tahunnya.

Jokowi tiba di pabrik KMK Global Sport yang berlokasi di Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten pada Selasa (30/4) sekitar pukul 11.30 WIB. Setibanya di pabrik, kepala negara langsung menuju ruang operasional pabrik, tempat para buruh alas kaki itu bekerja.

Begitu menginjakkan kaki di ruang operasional pabrik, riuh rendah para buruh yang didominasi oleh kalangan perempuan itu langsung menyambut Jokowi. Sontak tangan-tangan buruh yang semula lincah merakit satu per satu komponen sepatu asal Amerika itu langsung terhenti dan menghampiri Jokowi.

Tak sedikit dari mereka yang bergegas mengambil ponsel pintar untuk berswafoto bersama orang nomor satu di Indonesia. "Pak Jokowi, Pak Jokowi, Pak Jokowi. Mau salam, Pak. Selfie juga, Pak," sambut para buruh.

Seperti biasa, mantan Gubernur DKI Jakarta itu dengan luwesnya mengambil ponsel pintar para buruh dan berswafoto dengan mereka. Sesekali Jokowi juga menyalami dan melempar senyum kepada para buruh yang berada di ruang operasional.

Selepas dari ruang operasional, Jokowi kemudian mengunjungi kantin buruh yang terletak di sebelah ruang operasional. Ia kemudian mengambil piring makanan yang biasa dipakai para buruh untuk menyantap makan siang bersama para buruh.

Pada makan siang kali ini, mantan Wali Kota Solo itu menyantap menu yang terdiri dari nasi, sop ayam, tempe sambal, telur rebus, dan sepotong salak. Setelah itu, ia menuju kursi makan dan menyantap menu tersebut bersama para buruh.

"Ya tadi makan siang ada tempe, telur, sayur, saya kira secara gizi dan nutrisi itu bagi saya sudah bagus. Enak, enak," ujarnya usai makan siang.

Jokowi mengungkapkan sempat berbincang dan mendengar curahan hati para buruh. Namun tidak ada keluh kesah yang bernada negatif. Salah satu curhat yang disampaikan soal upah yang diterima.

"Tadi saya tanya masalah gaji dapat berapa? Katanya Rp3,9 juta, ya sudah. Terus saya bertanya sudah kerja di sini berapa lama? Ada yang 20 tahun, 23 tahun, 15 tahun. Ya menurut saya atmosfer di pabrik KMK ini memberikan hal yang baik kepada karyawan," katanya.

Jelang May Day Jokowi Makan Siang Bareng Buruh 'Nike'Presiden Joko Widodo menyempatkan diri berkunjung sekaligus makan siang bersama dengan sekitar 14 ribu buruh PT KMK Global Sport 1. (CNN Indonesia/Yuliyanna Fauzi).

Tak hanya mendengar curhatan buruh, Jokowi juga menghimbau para buruh agar meningkatkan produktivitas melalui peningkatan keterampilan dan perbaharuan keterampilan.

"Kalau karyawan produktif, perusahaan gaji lebih tinggi pun mampu diberikan," katanya.

Selain itu, ia juga memberi pesan kepada para buruh terhadap peringatan Hari Buruh esok. Ia berharap peringatan berjalan lancar, aman, dan tenang.

"Semoga May Day, peringatan hari buruh, kami harap perayaan hari buruh berjalan dengan baik, dengan gembira," tuturnya.

Dalam pertemuan itu, Jokowi ditemani Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Kim Chang-beom, dan Direktur Utama KMK Global Sport 1 CK Song.

[Gambas:Video CNN] (uli/osc)

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2VzWSj9

April 30, 2019 at 09:09PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jelang May Day Jokowi Makan Siang Bareng Buruh 'Nike'"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.