Pengajian Jelang Pemilu 2019, Ma'aruf Bicara Usaha dan Nasib

Jakarta, CNN Indonesia -- Calon wakil presiden Ma'ruf Amin membicarakan soal keberhasilan menjelang Pemilu 2019 yang berlangsung pada Rabu (17/4) mendatang. Hal itu ia bahas disela pengajian yang diadakan di kediamannya, Menteng, Jakarta Pusat.

Ia menjelaskan ada dua hal yang bisa menyebabkan seseorang berhasil. Pertama adalah usaha yang dalam bahasa Arab disebut kasab.

"Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang merubahnya. Jadi perubahan harus dilakukan sendiri oleh suatu kaum, suatu bangsa dan kelompok masyarakat," kata Ma'ruf, Sabtu (14/4).

Kedua, kata Ma'ruf, adalah pertolongan Allah yang dalam bahasa Arab disebut inayah. Kemudian ia membahas ayat 5 surat Al-Fatihah yang berarti hanya kepada Allah menyembah dan meminta pertolongan.

"Ada orang dengan usaha sendiri saja berhasil, tapi ada orang kemudian dia menyombongkan diri, (merasa berhasil) semata hanya karena usahanya saja. Padahal di situ ada pertolongan Allah," kata Ma'ruf.

Ma'ruf melanjutkan, "Ini kadang kita tidak sadar, bahwa di situ ada inervensi tangan Tuhan. Makanya pendiri bangsa sangat cermat, dalam pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD), bahwa kemerdekaan berkat rahmat Allah." (adp/eks)

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2PaEVlz

April 15, 2019 at 05:30AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pengajian Jelang Pemilu 2019, Ma'aruf Bicara Usaha dan Nasib"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.